Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic terhenti di semifinal Monte Carlo Masters, Sabtu waktu setempat atau Minggu WIB, tetapi petenis Serbia itu mengatakan mendapatkan banyak hal positif yang memberinya semangat untuk menghadapi turnamen tanah liat.

Petenis nomor satu dunia itu melaju ke semifinal untuk pertama kalinya di ajang tersebut sejak ia memenangi gelar Monte Carlo keduanya pada 2015.

Ia mengincar gelar pertamanya di musim 2024. Namun, kekalahan 6-4, 1-6, 6-4 dari Casper Ruud -- head to head pertamanya dalam enam pertemuan dengan petenis Norwegia itu -- membuatnya mencatatkan menang kalah 11-4.

"Tentu saja saya kecewa kalah dalam pertandingan seperti ini. Pertandingan yang sengit," kata Djokovic, seperti disiarkan ATP, Minggu.

"Selamat kepada Casper. Dia bermain sangat bagus, terutama di awal set pertama dan ketiga. Saya punya peluang, tapi di gim terakhir tidak terlalu bagus. Kesalahan sendiri dan dia solid menurut saya hingga pukulan terakhir dan pantas untuk menang."

Baca juga: Ruud tundukkan Djokovic untuk tantang Tsitsipas di final Monte Carlo

Meski mengalami kekalahan dan disebut-sebut sebagai performa yang "naik turun," Djokovic masih mampu melihat sisi positifnya.

"Hal positifnya adalah saya berhasil bangkit setelah kalah di set pertama dan benar-benar menemukan kekuatan dalam permainan," ujar petenis berusia 36 tahun itu.

"Jadi pasti ada hal positif yang bisa diambil dari turnamen ini, tapi tentu saja kecewa dengan kekalahan tersebut."

Melihat musimnya secara keseluruhan, Djokovic tidak menghindar dari kenyataan bahwa ia masih mencari gelar pertamanya pada 2024.

Baca juga: Djokovic jadi petenis peringkat satu dunia tertua sepanjang sejarah

Namun, performanya yang luar biasa di Australian Open dan Monte Carlo membuatnya berharap bahwa permainan terbaiknya tidak akan lama lagi.

"Saya terbiasa dengan standar yang sangat tinggi dalam hal ekspektasi terhadap hasil, jadi tidak meraih gelar, mungkin jika dibandingkan dengan 15 tahun terakhir, bukanlah musim yang hebat sama sekali," kata Djokovic.

"Tetapi saya pernah menjalani semifinal di Australia, semifinal di sini. Saya hanya bermain di tiga turnamen tahun ini (juga Indian Wells), jadi tentu saja normal untuk mengharapkan Anda mengalami beberapa musim di mana Anda tidak memulai dengan baik, dan inilah musimnya."

"Mudah-mudahan saya bisa bangkit, dalam hal hasil, saya bisa membangun dari sini, karena saya memainkan permainan tenis yang bagus. Mudah-mudahan di turnamen berikutnya saya bisa bermain lebih baik lagi."

Baca juga: Tsitsipas taklukkan Sinner untuk mencapai final Monte Carlo Masters

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024