Gianyar, Bali (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Tenaga Kerja menyerahkan santunan kepada keluarga korban lift jatuh, Senin (11/9).

​​​​​​'Santunan diberikan sebagai rasa belasungkawa dan sebagai wujud kehadiran pemerintah daerah (pemda) di tengah-tengah masyarakat," kata Kepala Dinas Tenag Kerja (Disnaker) Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani di Gianyar, Senin.
 
Suasana haru masih terasa di kediaman I Wayan Aries Setiawan di Banjar Abiansemal, Desa Lodtunduh, Ubud, dimana ibu dari Aries tak henti-hentinya meneteskan air mata ketika Kadisnaker Kabupaten Gianyar bersama Kepala BPBD mengucap rasa belasungkawa atas bencana yang terjadi di Ayu Terra Resort Ubud.
 
Tidak hanya di rumah Aries, suasana duka juga masih menyelimuti kediaman Ni Luh Superningsih di Banjar Peneca Payangan dan Sang Putu Bayu Adi Setiawan di Banjar Kedewatan Ubud Gianyar.

Di samping menyantuni korban, Kadisnaker Gianyar juga meninjau Ayu Terra Resort dan melihat lokasi tragedi lift maut yang menewaskan lima pekerja.

Baca juga: Disnaker Bali ungkap Ayu Terra Resort kurangi tali lift

“Saya berbelasungkawa atas kejadian ini, dimana ini juga ranah Dinas Tenaga Kerja sesuai peraturan Menaker Nomor 5 Tahun 2018 terkait dengan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). Jadi ini akan menjadi atensi bagi kami untuk memantau hotel, resort, atau vila, yang ada di wilayah Gianyar, terkait alat yang dimanfaatkan oleh pegawai,” ujar Kadisnaker Ida Ayu Ketut Surya.
 
Ia menekankan bahwa kejadian di Ayu Terra Resort akan menjadi pembelajaran untuk lebih waspada. Ia mengimbau kepada pemilik hotel ataupun restoran di Gianyar untuk menjaga K3 tersebut.

“Pengusaha juga harus peduli kepada keselamatan pegawai,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Gianyar Ida Bagus Suamba. Kehadirannya untuk memberikan rasa belasungkawa kepada keluarga korban tragedi lift di Ayu Terra.
 
Dirinya juga berharap kehadiran pemerintah di tengah masyarakat khususnya keluarga korban lift dapat meringankan beban keluarga.
 
“Harapan kami kehadiran pemerintah dapat membantu meringankan beban warga yang terkena musibah, semoga bantuan ini berguna dan bermanfaat bagi keluarga korban. Semoga bisa membantu dan mengurangi rasa duka yang menyelimuti,” ujarnya. 

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan beri santunan keluarga korban lift putus di Ubud
Baca juga: Gubernur Bali duga kelalaian pemeliharaan jadi sebab lift resor putus

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023