Penyaluran PBP tahap II ini untuk wilayah Yogyakarta, Kedu dan Banyumas alokasi Oktober, November dan Desember 2023
Yogyakarta (ANTARA) - Perum BULOG Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam bentuk bantuan pangan beras kepada Penerima Bantuan Pangan (PBP), Senin.

"Penyaluran PBP tahap II ini untuk wilayah Yogyakarta, Kedu dan Banyumas alokasi Oktober, November dan Desember 2023," kata Pemimpin Wilayah Perum BULOG Kanwil Yogyakarta Ali Ahmad Najih.

Menurut dia, penyaluran bantuan pangan ini dalam rangka upaya mengurangi beban pengeluaran serta mempermudah keterjangkauan pangan bagi masyarakat rawan pangan dan gizi.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya pemenuhan gizi dalam rangka peningkatan kualitas ibu hamil, ibu menyusui, dan dan balita stunting," katanya.

Peluncuran sekaligus penyaluran perdana Bantuan Pangan wilayah Perum BULOG Kanwil Yogyakarta serentak dilaksanakan di tiga lokasi berbeda, yaitu Kabupaten Gunung Kidul, DIY, Kota Magelang serta Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Sasaran penerima sebanyak 1.486 PBP dengan kuantum penyaluran 14.860 kilogram," katanya.

Ia mengatakan, secara keseluruhan target penerima bantuan beras di wilayah kerja Perum BULOG Kanwil Yogyakarta sebanyak 1.521.756 PBP yang terbagi di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas.

"Setiap PBP akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram per alokasi, selama tiga bulan alokasi yaitu Oktober hingga Desember 2023, sehingga total beras yang disalurkan hingga akhir tahun sebanyak 45.652.680 kilogram," katanya.

Ali Ahmad Najih atau yang biasa dipanggil Aan, mengatakan bahwa pihaknya berharap penyaluran bantuan pangan berjalan lancar sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat secara langsung.

"Kami berharap dengan bantuan pangan ini beban masyarakat berkurang, dan laju inflasi dapat terkendali. Beras bantuan pangan ini didistribusikan untuk konsumsi sendiri, tidak untuk diperjual belikan," katanya.

Ia mengatakan bahwa Perum BULOG melalui Direktur Utama Budi Waseso mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Presiden Jokowi dalam menugaskan kembali Perum BULOG dalam penyaluran program Beras
Bantuan Pangan Tahap II untuk tiga bulan alokasi ini.

"Pemerintah terus mendorong peran strategis BULOG dalam menjaga ketahanan pangan nasional dan stabilitas pasokan serta harga pangan melalui program bantuan pangan yang terbukti efektif dampaknya pada tahap I yang lalu dalam menekan kenaikan harga beras," katanya.

Baca juga: Bulog Yogyakarta salurkan bantuan pangan sebanyak tiga alokasi

Baca juga: Jokowi perintahkan distribusi 10 kg beras untuk KPM selama tiga bulan

Baca juga: Presiden Jokowi salurkan CBP sebagai bantuan pangan tahun 2023

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023