Tangerang (ANTARA) - Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, dr. O.U. Taty Damayanti mengajak masyarakat untuk tidak ragu atau takut memeriksakan kesehatan mentalnya kepada tenaga kesehatan profesional di rumah sakit.

Ia mengatakan RSUD Kota Tangerang memiliki layanan poli jiwa untuk menangani dan memeriksa masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan mental.

"Di RSUD Kota Tangerang, kami memiliki dokter spesialis kejiwaan atau psikiater yang siap membantu mengatasi kesehatan mental masyarakat Kota Tangerang," kata Taty Damayanti dalam keterangannya di Tangerang, Senin.

Baca juga: Dokter Jiwa: Orang introvert lebih rentan terhadap depresi

Ia mengatakan masyarakat Kota Tangerang harus lebih memperhatikan kesehatan mental. Sebab, kesehatan bukan hanya dapat dilihat secara fisik, tetapi psikis atau mental juga perlu diperhatikan.

"Kesehatan mental memang masih banyak yang belum menyadari bahwa itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita. Tetapi, banyak juga generasi muda yang sudah sadar pentingnya kesehatan mental," ujarnya.

Ia melanjutkan, beberapa gangguan kesehatan mental, di antaranya adalah depresi, kecemasan berlebihan, halusinasi, hingga kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri atau percobaan bunuh diri. Jika memiliki beberapa gejala yang mengganggu produktivitas sehari-hari agar secepatnya mendatangi fasilitas layanan kesehatan.

"Jangan sampai mendiagnosa diri sendiri dengan gangguan kesehatan mental tertentu setelah hanya membaca dari internet. Segera datangi atau cari bantuan dari profesional atau ahlinya. Salah satunya, dapat mengunjungi RSUD Kota Tangerang, sehingga dapat diketahui apa penyebab sebenarnya dan tindakan yang tepat untuk penanganannya," katanya.

Baca juga: Jaga kesehatan mental dapat dimulai dengan jaga kesehatan fisik

Baca juga: Enam manfaat menulis jurnal bagi kesehatan mental


Ia berharap masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatan mental baik diri sendiri, keluarga dan kerabat terdekat. Selain itu, RSUD Kota Tangerang siap melayani permasalahan kesehatan masyarakat, baik fisik maupun psikis dengan maksimal.

"Kami berharap, masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatan mental. Baik kesehatan fisik dan mental sama pentingnya. Jika ingin berkonsultasi dan memeriksakan diri silahkan kunjungi RSUD Kota Tangerang, kami siap membantu dan melayani masalah kesehatan, baik fisik maupun psikis," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023