Intinya, aliansi buruh telah sepakat untuk melakukan aksi damai
Tangerang (ANTARA News) - Sejumlah pintu masuk tol di Tangerang, Banten, Rabu, dijaga puluhan polisi terkait demo buruh dalam peringatan hari buruh atau May Day.

Hasil pantauan di lapangan menunjukkan sejumlah polisi dengan peralatan lengkap dan kendaraan berjaga-jaga di depan pintu masuk tol dan gerbang tol.

Pintu masuk tol yang dijaga adalah pintu tol Kebon Nanas di Kota Tangerang, pintu tol Bitung dan pintu tol Balaraja di Kabupaten Tangerang, Pintu tol BSD dan Alam Sutera di Tangerang Selatan dan pintu masuk Bandara Soekarno Hatta.

Kapolres Kota Tangerang, Kombespol Bambang Priyo Andogo mengatakan, penjagaan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, meski sejumlah aliansi dari serikat buruh menyatakan akan melakukan aksi secara damai dan tertib tanpa menganggu masyarakat seperti memblokir tol.

"Intinya, aliansi buruh telah sepakat untuk melakukan aksi damai. Namun, jika ada yang melanggar akan ditindak sesuai aturan," katanya.

Sebelumnya, koordinator aksi buruh di Kabupaten Tangerang, Koswara mengatakan jika aksi peringatan May Day akan dipusatkan di Bandara Soekarno - Hatta. Buruh dari Kabupaten Tangerang akan bergerak ke kawasan Bandara Soekarno - Hatta yang menjadi tempat orasi utama penyampaian tuntutan.

Sementara itu, petugas kepolisian terlihat begitu ketat mengawal konvoi buruh. Polisi berjaga di depan dan di sisi kendaraan konvoi.

Tuntutan yang akan disampaikan dalam peringatan May Day adalah penghapusan sistem kerja kontrak, menolak upah murah dan PHK secara mendadak, mendesak pemerintah untuk melakukan nasionalisasi aset asing, menolak kekerasan terhadap pekerja perempuan, menolak penghapusan serikat pekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa syarat.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013