Jakarta (ANTARA) -
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar mengemukakan Waduk Pekayon di Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, berfungsi untuk mencegah banjir ketika musim hujan dan menjadi cadangan air bagi warga saat kemarau.

Muhammad Anwar pada Selasa meninjau pembangunan turap Waduk Pekayon sepanjang 750 meter dengan tinggi 2,5 meter. Sedangkan Waduk Pekayon memiliki luas 1,6 hektare (ha).
 
"Pembangunan Waduk Pekayon ini sangat diperlukan karena bisa mencegah genangan yang berada di RW 01, RW 02, RW 03 dan RW 09 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo," kata Anwar.
 
Anwar yang didampingi Camat Pasar Rebo Mujiono dan Lurah Pekayon Mesrarianita menuturkan, dengan adanya waduk itu harapan warga agar wilayahnya tidak tergenang air bisa terwujud.
 
"Harapannya, dari warga masyarakat Waduk Pekayon tersebut bisa menampung air di saat musim hujan sehingga mencegah genangan di lingkungan warga," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota minta Waduk Kampung Rambutan Utara dikeruk lebih dalam
Baca juga: Pemkot bangun waduk di proyek sodetan kali Kampung Sumur
 
Selain pembangunan turap, pengerukan kedalaman Waduk Pekayon terus dilakukan hingga memiliki kedalaman lima meter.
 
"Waduk awalnya hanya mempunyai kedalaman dua meter, tetapi sedang dilakukan pengerukan lagi hingga mencapai lima meter," katanya.

Selain itu, akan ada pembangunan fasilitas penunjang Waduk Pekayon, yakni "jogging track" dan taman serta area bermain anak.
 
Selain sebagai pengendali banjir, Waduk Pekayon diharapkan juga menjadi cadangan air di saat musim kemarau.
 
"Di saat musim kemarau, warga sekitar waduk diharapkan tidak kekeringan serta yang paling diinginkan, yaitu dapat menjadi sarana interaksi warga, olahraga dan destinasi wisata," katanya.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023