Jakarta (ANTARA) - Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung menguatkan profil mahasiswanya dengan mempelajari konsep kewirausahaan warung guna mendorong pemberdayaan penerima manfaat (PM).

Direktur Poltekesos, Suharma dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Rabu, mengatakan praktek tersebut memperkuat kompetensi dan kapabilitas mahasiswa dalam hal pendampingan bagi warga miskin yang punya keinginan berusaha, tanpa tergantung pada bantuan sosial.

"Ini sesuai dengan pernyataan Mensos bahwa kewirausahaan bagi warga miskin adalah untuk mendorong kemandirian tanpa bergantung pada bantuan sosial," ujar Suharma.

Pembelajaran kewirausahaan tersebut berkaitan dengan manajemen pengelolaan usaha, karena kelak para mahasiswa akan diterjunkan sebagai pendamping bagi warga miskin yang terdata layak menerima bantuan sosial bagi pengembangan usaha, ujar dia melanjutkan.

Baca juga: Poltekesos rombak bahan ajar, sikapi masalah sosial terkini

Baca juga: Pesan Risma pada lulusan Poltekesos, bisa selesaikan masalah sosial


"Materi ini penting karena mahasiswa kelak menjadi pendamping bagi 100 warga miskin penerima bantuan sosial, sebagai titik awal kontribusi Poltekesos dalam membantu mengentaskan kemiskinan,' kata dia,

Poltekesos bekerja sama dengan PT Indofood CBP Sukses Makmur dalam praktek kerja tersebut. Sebab, perusahaan tersebut telah memiliki best practice dengan membina 1.600 pedagang di Bandung Barat, dengan nama dagang warmindo (warung indomie).

Kerjasama ini juga dilakukan untuk menjawab tantangan dinamika pembelajaran di perguruan tinggi dan akan menjadi platform kelembagaan lain dan juga perguruan tinggi lain dalam mendata, menganalisa, melaksanakan upaya menyelesaikan masalah sosial kemiskinan yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda beda, kata Suharma.*

Baca juga: Mensos tantang mahasiswa Poltekesos Bandung selesaikan masalah sosial

Baca juga: Poltekesos kolaborasi dengan Tanoto Foundation tekan angka stunting

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023