Jakarta (ANTARA) - SKK Migas menyebut ada empat konsep yang diangkat dalam International Convention of Indonesian Upstream Oil and Gas (ICIUOG) pada 20-22 September 2023 di Nusa Dua, Bali.

Perhelatan yang diadakan untuk ke-4 kalinya itu diharapkan dapat meningkatkan investasi di sektor hulu migas serta pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Chairman of Organizing Committee ICIUOG 2023 Mohammad Kemal saat konferensi pers road to ICIUOG 2023 di Jakarta, Rabu menyebut empat konsep tersebut, yakni energy security, attracting investment, dynamic market, dan energy transition.

"Kondisi perekonomian dunia, trilema energi, tren investasi serta peran gas sebagai energi transisi bisa menjadi momentum bagi industri hulu migas Indonesia untuk meningkatkan produksi, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," kata Kemal.

Ia mengatakan untuk mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (BSCFD) di 2030 tidak mudah dan butuh cara-cara yang tidak biasa serta terus mendorong sinergi, kolaborasi, dan dukungan dari para pemangku kepentingan.

"Oleh karena itu, SKK Migas menyelenggarakan acara ICIUOG setiap tahun untuk mendapatkan dukungan dan masukan terkait dengan kondisi terkini di global, lokal serta hal-hal lain yang mempengaruhi hulu migas," ujar Kemal.

SKK Migas menargetkan 1.500 peserta hadir di ICIUOG 2023, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Acara itu juga akan diikuti peserta dari lembaga negara/pemerintah, para ahli, institusi keuangan, penyedia jasa, investor, dan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Sejumlah menteri juga dijadwalkan hadir sebagai pembicara kunci, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Selain konvensi dan ekshibisi, di sela-sela acara juga akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara SKK Migas dengan beberapa perusahaan serta penandatanganan kontrak antara SKK Migas dengan KKKS.

SKK Migas juga akan memberikan sejumlah penghargaan kepada KKKS dan pemangku kepentingan atas pencapaian dan kinerja yang telah ditunjukkan.

"Penghargaan tertinggi yang diberikan SKK Migas sebagai institusi kepada KKKS dan pemangku kepentingan atas pencapaian yang telah diraih diharapkan bisa menjadi pendorong untuk menunjukkan kinerja yang lebih baik," kata Kemal.

Baca juga: SKK Migas sebut iklim investasi hulu migas harus terus ditingkatkan

Baca juga: SKK Migas targetkan investasi hulu migas 186,7 miliar dolar AS

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023