Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya TNI Irvansyah, yang baru dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, Rabu, berencana menambah kapal-kapal patroli dan meningkatkan fasilitas termasuk di antaranya pangkalan untuk menunjang kinerja lembaga.

Irvansyah juga menyatakan dia berkomitmen meneruskan prestasi-prestasi dan program kerja pendahulunya Laksamana Madya TNI (Purn.) Aan Kurnia.

“Mungkin kami nanti akan mau menambah unsur kapal, kami sempurnakan lagi, fasilitasnya, pangkalannya kami tingkatkan, mungkin ada stasiun-stasiun, ada dermaga, pelabuhan sendiri. Syukur-syukur nanti ada tempat pelatihan yang baru juga, dan nanti punya mako (markas komando) sendiri, tidak di gedung yang mungkin bukan punya kami sendiri,” kata Irvansyah menjawab pertanyaan wartawan selepas upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Bakamla RI di Markas Bakamla, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Laksdya TNI Irvansyah menjadi Kepala Bakamla

Dalam kesempatan itu, Irvansyah menilai program kerja dan kegiatan yang telah berjalan di Bakamla selama masa kepemimpinan Aan Kurnia telah berjalan baik.

“Sudah saya baca semua dengan menyeluruh. Nanti saya akan melanjutkan yang sudah baik, menyempurnakan selagi ada kekurangan, dan meningkatkan kerja sama dengan instansi yang lain baik dalam negeri maupun negara-negara tetangga,” kata Kepala Bakamla RI.

Dalam kesempatan yang sama, Irvansyah menekankan garis kebijakan dia ke depan tidak jauh berbeda dengan yang telah dilakukan oleh Aan.

“Saya ini tidak jauh-jauh beda sama Bapak (Aan Kurnia), karena saya selain adik lichting, (saya) pernah jadi anak buah beliau, juga pernah jadi wakil beliau di Guspurla (Gugus Pertempuran Laut) dulu. Jadi, semua ajaran dan informasi (didapatkan) dari beliau,” kata Laksdya Irvansyah.

Aan, selepas upacara sertijab, pun menitipkan pesan kepada adik asuhnya itu.

“Pesannya, PR-nya yang pertama, bulatkan tekad. Kedua, bangun komitmen bersama. Ketiga, tetap jaga integritas sehingga kehadirannya (Bakamla) bisa disegani di kawasan maupun juga dunia,” kata Aan Kurnia yang menjabat sebagai Kepala Bakamla RI selama lebih dari 3 tahun pada 2020–2023.

Laksdya TNI Irvansyah merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Laut jebolan Akademi Angkatan Laut Angkatan Ke-36 Tahun 1990. Jenderal bintang tiga itu pernah menjabat sebagai Panglima Komando Lintas Laut Militer (2020–2021), Panglima Komando Armada III (2021–2023), dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I pada 2023.

Baca juga: Bakamla usulkan aturan jerat kapal asing lakukan aktivitas ilegal
Baca juga: Bakamla resmi memiliki gedung pusat pelatihan di Batam

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023