Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggelar ajang "Run for PON" sebagai penanda setahun menjelang berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara yang dijadwalkan berlangsung mulai 8 September 2024 mendatang.

“Menyongsong PON ke XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara, KONI Pusat pada tanggal 17 September 2023 pada pukul 06.00 WIB, menyelenggarakan Fun Run sejauh 5 Km sekaligus countdown PON,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano pada konferensi pers yang berlangsung di Kantor KONI Pusat Senayan, Jakarta, Rabu. "Run for PON" akan dimulai dari Plaza Barat GBK ke arah Jalan Asia Afrika, kemudian melintasi Jalan Sudirman sampai dengan Jalan Gatot Subroto hingga Gerbang Pemuda dan kembali ke GBK. Berbagai Door Prize juga disiapkan untuk para peserta, mulai sepatu, elektronik, voucher hotel, tiket pesawat, sepeda listrik, sepeda motor dan lain sebagainya.

“Besar harapan saya Run for PON ini bisa membangkitkan semangat Indonesia dan countdown ini membuat semua KONI Provinsi, dan Panitia Besar wilayah Aceh dan Sumut mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Terima kasih, sukses untuk Fun Run 5km dan countdown PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara,” ungkap Marciano Norman.

Baca juga: Rakernas KONI 2023 bahas persiapan dan kesiapan PON 2024 di Aceh-Sumut

Marciano Norman mengatakan "Run for PON" akan diikuti oleh 2.500 peserta dan seluruh pengurus KONI Provinsi beserta dengan seluruh induk cabang olahraga.

Countdown ini nanti akan diresmikan oleh Menpora Mas Dito Ariotedjo dan hadir KONI Provinsi serta induk cabang olahraga, bersama kita semua dan pada saat Fun Run yang diikuti oleh sekitar 2.500 peserta,” kata Marciano Norman.

Marciano Norman berharap dengan berlangsungnya "Run for PON" di Jakarta, ke depannya juga diadakan event-event yang diadakan oleh KONI Provinsi untuk menyemarakkan acara menuju gelaran PON 2024.

“PON XXI Tahun 2024 adalah Pekan Olahraga Nasional yang pertama kali diselenggarakan di 2 provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara, dan Pekan Olahraga Nasional yang pertama diikuti oleh 38 provinsi. Oleh karena itu besar harapan saya Fun Run dan countdown ini juga diikuti oleh seluruh KONI Provinsi di daerahnya masing-masing pada saat yang bersamaan atau saat yang berbeda,” jelas Marciano.

Baca juga: Bertemu Menpora, Penjabat Gubernur Aceh bahas PON Aceh-Sumut 2024
Baca juga: Gubernur sampaikan persiapan PON sudah 60 persen kepada Menpora RI


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023