Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 sudah mencapai 60 persen kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo.

"Sudah 60 persen kurang lebih," kata Edy Rahmayadi kepada Menpora Dito Ariotedjo di Ruang Kerja Menpora RI, Senayan, Jakarta, Selasa.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Edy Rahmayadi juga menyerahkan master plan penyelenggaraan PON di Sumut kepada Menpora RI Dito Ariotedjo.

"Perencanaan anggaran PON 2024 saat ini sedang disusun. Kita tahu bahwa PON 2024 berbeda dengan PON sebelumnya. PON 2024 di selenggarakan di dua provinsi yaitu Sumut dan Aceh,” kata Edy, yang juga Ketua Umum PB PON XXI Wilayah Sumut.

Edy Rahmayadi mengharapkan, sinkronisasi perencanaan anggaran bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Provinsi Aceh. Selanjutnya, akan ada pertemuan dengan Provinsi Aceh untuk membahas hal tersebut.

"Dan kami kemari untuk menyinkronkan perencanaan anggaran ini kepada Bapak Menteri. Nanti Bapak Menteri akan segera memanggil kedua provinsi ini," sebutnya.

Menpora Dito Ariotedjo menyambut baik kehadiran Gubernur Edy Rahmayadi beserta rombongan dan sangat mendukung penyelenggaraan PON 2024 Aceh-Sumut tersebut.

"Sangat mendukung penyelenggaraan PON di Sumut dan Aceh dan di harapkan penyelenggaraan PON 2024 ini akan berjalan dengan lancar," ujar Dito Ariotedjo.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa komunikasi yang dibangun antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Sumut dan Aceh berjalan baik. Ia mengharapkan segala persiapan yang belum selesai dapat dikomunikasikan lebih lanjut.

"Komunikasi yang dibangun bersama KONI Pusat beserta Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berjalan dengan baik. Segala kesiapan yang belum terpenuhi akan di komunikasikan lebih lanjut," kata Dito.

Baca juga: Kemenpora, KONI dan PB PON XXI adakan rapat anggaran PON 2024
Baca juga: KONI Sumut pastikan PON 2024 dilaksanakan sesuai jadwal

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023