Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur PT Hutama Karya Aloysius Kiik Ro menyebutkan bahwa sepanjang 928 kilometer (km) dari target 2.775 km Jalan Tol Trans Sumatera telah selesai dibangun.

“Sekarang targetnya adalah 2.775 km, kalau ini jadi, maka pada 2025 kita sudah bisa in terms of Jalan Tol akan jauh lebih panjang dari jalan tol yang dimiliki oleh Jasa Marga, di mana sekarang kita sudah mencapai 928 km Jalan Tol beroperasi,” kata Aloysius dalam acara Sewindu PSN di Jakarta, Rabu.

Jalan Tol Trans Sumatera tahap I ditargetkan selesai pada bulan Juni 2024.

Aloysius menjelaskan, dari 41 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tengah digarap Hutama Karya, 17 PSN yang berlokasi di Sumatera merupakan proyek pengembangan Jalan Tol.

Pengembangan Jalan Tol tersebut saat ini dinilai sangat masif serta memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat sekitar.

“Dari 17 yang di Sumatera itu semuanya adalah pengembangan Jalan Tol, dan itu masif sangat cepat dan sangat menyerap capital labour maupun capital intensif, mungkin salah satu yang paling besar di Indonesia dalam sejarah pembangunan jalan tol saat ini," ujarnya.

Namun, dalam proses pengerjaannya, Aloysius menyampaikan bahwa pembangunan Trans Sumatera masih banyak menemui beberapa tantangan.

Tantangan pertama yakni kurang matangnya perencanaan yang berujung pada pembengkakan biaya konstruksi (cost overrun). Kedua, kondisi tanah di Pulau Sumatera yang didominasi oleh rawa-rawa. Kondisi tanah tersebut mengakibatkan tantangan secara teknis dalam proses konstruksi, terutama dalam pembangunan jalur menuju Palembang.

Kemudian yang ketiga, Aloysius mengatakan tantangan lain terdapat dalam hal pendanaan mengingat total pendanaan PSN Jalan Tol Trans Sumatra yang sangat besar.

“Kalau anda lihat 2.700 km itu hitungannya sekitar Rp530 triliun total investasi yang dibutuhkan, di mana pemerintah juga mempunyai prioritas di sektor lain," jelas Aloysius.

Adapun Jalan Tol Trans Sumatra secara total sepanjang 2.775 km. Daftar tol yang telah beroperasi saat ini yaitu Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Pelambang-Indralaya, TB Besar-Kayu Agung, Bakauheni-TB Besar, TB Penanjung-Bengkulu.

Kemudian yang sedang dalam proses konstruksi yaitu mencakup Binjai-Langsa sepanjang 58 km, konstruksinya mencapai 80 persen, Sigli - Banda Aceh sepanjang 74 km dengan perkembangan 83 persen, Tol Kisaran-Indrapura konstruksi 90 oersen.

Kuala Tanjung-TB Tinggi Siantar 93 km konstruksi 87 persen, Pekanbaru-Koto Kampar 64 km dengna perkembangan 87 persen, Sicincin-Padang 37 km 35 persen, dan SP Indralaya Enim 65 km konstruksi 100 persen.

Baca juga: Hutama Karya: Jalan Tol Trans Sumatera tahap pertama selesai Juni 2024

Baca juga: Hutama Karya: Pembangunan Tol Binjai-Pangkalan Brandan capai 79 persen

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023