Salah satu yang harus dipertahankan adalah predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diraih KKP dalam dua tahun terakhir
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melantik Tornanda Syaifullah sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Pengisian jabatan yang dilakukan hari (Rabu) ini merupakan hasil rangkaian seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya serta merupakan bagian dari upaya peningkatan kinerja KKP," ujar Menteri Trenggono dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dengan adanya irjen definitif, Trenggono berharap kinerja pengawasan di lingkup KKP semakin optimal, baik itu yang kaitannya dengan pembuatan kebijakan hingga kinerja anggaran.

Menurut dia, salah satu yang harus dipertahankan adalah predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diraih KKP dalam dua tahun terakhir.

Hal itu sebagai bentuk tanggung jawab KKP terhadap negara dan juga masyarakat di sektor kelautan dan perikanan.

Selain itu, ujar dia, KKP juga memiliki lima program ekonomi biru yang pelaksanaannya perlu mendapat pengawasan ketat dari auditor internal agar berjalan optimal.

Program ekonomi biru itu untuk memastikan terjaganya kesehatan laut dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Saya meminta inspektorat jenderal bersama sekretariat jenderal agar menjadi consulting partner dalam pelaksanaan program atau kegiatan strategis dari setiap unit eselon I di KKP, karena pengawasan internal sangat dibutuhkan untuk memastikan semua program kerja di KKP berjalan dengan baik dan terukur," ujar Menteri Trenggono.

Tornanda Syaifullah sebelum menjabat Irjen KKP, merupakan pejabat yang berkarir di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca juga: KKP dukung implementasi Kerangka Kerja Ekonomi Biru ASEAN
Baca juga: KKP kembali meraih predikat WTP dari BPK
Baca juga: KKP gunakan aplikasi e-ZI untuk perkuat pengawasan zona integritas

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023