tetap memprioritaskan hak pejalan kaki dan orang yang bersepeda
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melanjutkan program integrasi  moda transportasi melalui koordinasi dengan pemerintah pusat sebagai upaya menurunkan kemacetan lalu lintas di Ibu Kota.
 
"Salah satunya dengan menambah armada bus dan rute untuk memangkas waktu tunggu, terutama pada jam-jam sibuk," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Tak hanya itu, Pemprov DKI Jakarta juga tetap memprioritaskan hak pejalan kaki dan orang yang bersepeda.
 
Menanggapi pertanyaan di dalam rapat paripurna terkait pengaturan lalu lintas (lalin) pada lampu lalu lintas Santa, Heru menyebut jajarannya sudah menyesuaikan ulang waktu siklus lampu lalu lintas pada simpang Santa  (pertemuan Jalan Wijaya I dan Jalan Wolter Monginsidi).
 
"Pengaturan lampu lalu lintas itu untuk menurunkan panjang antrean dan waktu tunda lalu lintas. Bersamaan dengan itu juga dilakukan penataan parkir pada ruas Jalan Suryo, Jalan Senopati, dan Jalan Wolter Monginsidi," ucap Heru.
 
Dalam rapat paripurna tersebut, anggota DPRD DKI Jakarta  Abdul Aziz Muslim menyoroti permasalahan kemacetan yang dirasakan semakin parah.

Berdasarkan data yang dilansir dari TomTom Traffic Index pada Februari 2023, kemacetan Jakarta naik dari 34 persen kini menyentuh 53 persen.
 
Menurut Aziz, penganggaran untuk penanganan kemacetan yang mencapai Rp14,6 triliun itu akan sia-sia jika indeks lalu lintas (traffic index) semakin naik.
 
Target
 
Sementara, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan tahun ini ada dua target utama yang ingin mereka capai dalam pengelolaan transportasi.
 
Pertama adalah peningkatan jumlah penumpang angkutan umum (ridership) dan target kedua yakni peningkatan kecepatan rata-rata kendaraan di jalanan Jakarta.
 
“Untuk tahun 2023, target kami adalah seluruh angkutan umum di Jakarta mampu mengangkut sebanyak 3,4 juta penumpang, dan kecepatan rata-rata 26 kilometer per jam,” ujar Syafrin.
Baca juga: Tilang uji emisi bisa jadi simpul kemacetan baru
Baca juga: Dishub DKI sebut lalin turun 1,69 persen saat ASN bekerja dari rumah
Baca juga: "Jalan tikus" penembus belantara Jakarta

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023