Titik api hari ini kembali muncul dan semakin meluas. Upaya pemadaman terus kami lakukan sejak kemarin
Banjarbaru (ANTARA) - Petugas gabungan TNI-Polri bersama BPBD dan relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lahan kosong dekat Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, tepatnya Jalan Tegal Arum, Kelurahan Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Titik api hari ini kembali muncul dan semakin meluas. Upaya pemadaman terus kami lakukan sejak kemarin," kata Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah di Banjarbaru, Kamis.

Selain pemadaman oleh Satgas Darat, helikopter water boombing juga membantu penyiraman air dari udara khususnya titik-titik yang sulit ditembus petugas.

Baca juga: BPBD deteksi 16.220 titik api karhutla di Kalimantan Selatan
Baca juga: Karhutla hanguskan gambut di pinggir jalan nasional di Banjarbaru


Dody mengakui tekstur tanah gambut di kawasan tersebut cukup menyulitkan pemadaman, lantaran ada beberapa tanah yang lembek ketika diinjak dan memiliki kedalaman bervariasi.

"Jadi saat melakukan pemadaman kami sangat berhati-hati, dikhawatirkan tanah amblas apalagi setelah terbakar," jelasnya.

Dody memerintahkan pula anggotanya agar bersiaga di titik-titik lahan yang mendekati perumahan penduduk, termasuk bangunan SMPN 15 Banjarbaru, karena lokasinya tepat berada di antara lahan kosong yang rawan terbakar.

Dampak kebakaran lahan juga telah menimbulkan kabut asap cukup tebal sehingga jarak pandang terbatas bagi pengguna jalan yang melintas.


Baca juga: Dishub Kalsel minta pengendara nyalakan lampu di area kabut asap
Baca juga: Dinkes Kalsel imbau warga pakai masker waspadai ISPA

 
Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah terjun langsung melakukan pemadaman lahan terbakar. (ANTARA/Firman)
   

  Namun penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor hari ini berjalan normal.

  Iwan Risdianto selaku Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor menyampaikan visibility mencapai 2.000 meter, sehingga operasional bandara dapat berjalan lancar.

Pewarta: Firman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023