Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani menuturkan ingin memoles keberaniannya agar bisa lebih tahan saat menghadapi situasi-situasi kritis yang menentukan jalannya pertandingan.

Hal tersebut dia ungkapkan sehubungan dengan hasil minor pada babak 16 besar Hong Kong Open 2023, saat ia dikalahkan pebulu tangkis asal China Han Yue yang sempat bersaing ketat pada penghujung gim.

"Harus lebih berani mainnya, terutama di poin-poin akhir. Seperti tadi kan sayang lima sampai enam poin terakhir hilang karena saya terlalu hati-hati," ujar Putri melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Kamis.

Putri harus menyudahi perjuangannya pada ajang berlevel BWF Super 500 itu setelah ditundukkan unggulan keenam dengan rubber game 12-21, 21-18, 19-21.

Baca juga: Putri KW ingin bermain lebih konsisten dan tanpa beban

Putri berpotensi menyabet keunggulan pada gim penentu, sayangnya ia justru tertekan pada poin-poin penentuan dan tak bisa mempertahankan permainannya.

"Han Yue kan memang pemain yang berpengalaman jadi tadi saat saya unggul 17-15, dia mempercepat pukulan. Sebenarnya saya sudah siap tapi masih ada kaget-kagetnya sedikit. Saya belajar dari pertemuan pertama untuk tidak meladeni permainan dia, bagaimana saya mau memainkan pola saya sendiri," ujar pebulu tangkis asal Serang, Banten, itu.

Putri berusaha mengambil sisi positif meski langkahnya terhenti. Dirinya merasakan ada perkembangan baik jika berkaca pada performa dari beberapa turnamen belakangan.

"Banyak pelajaran yang saya dapat dari tiga turnamen terakhir yang saya ikuti. Saya merasa permainan saya sudah mulai stabil, walau kalah tetapi bisa memberikan perlawanan yang seimbang. Bisa menyusahkan lawan," ungkapnya.

Meski secara umum merasa puas dan senang, namun sebagai seorang atlet nasional tentunya ada hal-hal yang harus Putri evaluasi agar bisa tampil lebih positif pada kesempatan selanjutnya.

"Saya cukup puas dan senang dengan progres saya yang bisa kembali, tapi tetap masih banyak yang harus dievaluasi dan ditingkatkan," pungkas Putri.

Baca juga: Gregoria melaju mulus ke perempat final Hong Kong Open 2023
Baca juga: Siasat Apri/Fadia berjalan lancar pada 16 besar Hong Kong Open
 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023