Titik api yang ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan itu dua sampai tiga hari juga sudah padam
Padang (ANTARA) - Dinas Kehutanan Sumatera Barat (Sumbar) menyebut berdasarkan hasil identifikasi tingkat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi tersebut tidak terlalu signifikan.

"Kebakaran hutan dan lahan di Sumbar tidak signifikan, dan hanya berada di selatan, tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan," kata Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi di Padang, Kamis.

Bahkan, berdasarkan pantauan data SiPongi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, titik panas (hotspot) di Kabupaten Pesisir Selatan hanya berkisar tiga atau empat titik api.

"Titik api yang ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan itu dua sampai tiga hari juga sudah padam," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meragukan kabut asap yang menyelimuti provinsi tersebut sejak beberapa hari terakhir bersumber dari karhutla di Sumbar. Selain itu Dinas Kehutanan Sumbar juga belum mendapatkan informasi pasti terkait sumber kabut asap.

"Kita juga harus konfirmasi ke BMKG yang memiliki stasiun mengenai kondisi tersebut. Jadi saya tidak bisa mengatakan bahwa itu berasal dari karhutla, baik di Sumbar maupun daerah tetangga," ujarnya.

Baca juga: Dishut Sumbar deteksi lima titik api di Pesisir Selatan

Terkait karhutla yang ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan, Yozarwardi mengatakan hampir 99 persen kebakaran terjadi akibat ulah manusia. Pembukaan lahan baru dengan cara membakar merupakan salah satu penyebab kebakaran.

"Tapi ini sifatnya masih dugaan. Sebab, sampai saat ini kita masih kesulitan menemukan pelakunya," ucap dia.

Merujuk pada data SiPongi KLHK, pada Rabu (13/9/2023) tercatat 21 titik panas di Provinsi Sumbar dimana empat diantaranya masuk kategori merah, 16 kuning, dan satu kategori hijau. Tiga titik api kategori merah terpantau di Kabupaten Pesisir Selatan dan satu di Kabupaten Limapuluh Kota.

Yozarwardi menjelaskan untuk titik api kategori merah tingkat kepercayaannya di atas 81 persen ke atas, kemudian kuning 30 hingga 80 persen, dan terakhir hijau memiliki tingkat kepercayaan 30 persen ke bawah.

Kendati demikian, lanjutnya, hal tersebut tidak bisa selalu menjadi patokan utama karena harus disertai dengan identifikasi lapangan. Sebab, menurutnya, beberapa titik kuning yang terpantau di SiPongi justru terbakar.

Baca juga: Gubernur: Sumbar siap bantu pemadaman titik api di provinsi tetangga

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023