Hingga saat ini luas penanaman transplantasi karang sudah mencapai sekitar 15 hektare.
Banyuwangi (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara melakukan transplantasi karang untuk melestarikan ekosistem bawah laut di perairan Banyuwangi, Jawa Timur, yang berbatasan dengan Selat Bali.

"Hingga saat ini luas penanaman transplantasi karang sudah mencapai sekitar 15 hektare," kata Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Ahad Rahedi di sela program transplantasi karang di Banyuwangi, Kamis.

Sekitar 14 rumpon transplantasi karang ditanam bersama dengan warga sekitar, dan sejumlah awak media di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT di Pantai Bangsring, Banyuwangi, yang menghadap langsung perairan Selat Bali.

Baca juga: Pertamina bantu pemasaran produk kerajinan Kampoeng Papring Banyuwangi

BUMN bidang minyak dan gas itu melakukan transplantasi karang di perairan itu sejak akhir 2019.

Ahad menjelaskan transplantasi karang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial bidang lingkungan, selain bidang lain yakni pemberdayaan masyarakat, kesehatan, dan pendidikan.

Dia menuturkan transplantasi karang dilakukan dengan menggandeng para nelayan yang sebelumnya melakukan cara penangkapan ikan tidak ramah lingkungan sehingga memberi dampak kerusakan terhadap ekosistem bawah laut.

"Sebelum mengenalkan program konservasi ini, mereka menggunakan cara yang merusak seperti menggunakan potas yang merusak terumbu karang padahal itu ekosistem bagi ikan," imbuhnya.

Saat ini, para pegiat pelestarian terumbu karang di wilayah itu sebagian besar merupakan para nelayan, pelaku wisata, dan warga.

Selain menumbuhkan kembali ekosistem bawah laut, terumbu karang yang berhasil dikonservasi juga menjadi daya tarik wisata bahari.

Baca juga: Pertamina NRE raih penilaian ESG Rating terbaik ke-3 dunia

Sementara itu, kegiatan penanaman terumbu karang atau transplantasi karang mendapat apresiasi dari pelaku pariwisata di pantai tersebut yakni kalangan pemandu wisata bahari, Samsul Arifin.

Dia mengatakan pertumbuhan terumbu karang akan mendukung ekosistem bawah laut seperti ikan yang menjadi khas di perairan Selat Bali itu di antaranya ikan kuwe gerong atau giant trevally atau GT, barakuda hingga ikan hiu.

"Kalau karang berkembang banyak, ikan juga tambah banyak karena mereka bertelur di karang. Buktinya sekarang terbukti banyak ikan," ucap pemandu snorkling itu.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023