Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Australia di Jakarta memperingati Hari Literasi Internasional dengan menggelar dongeng bersama David O’Shea, ​​penulis asal negeri Kanguru tersebut di Australian Reading Corner di Perpustakaan Jakarta Cikini.

"Ini adalah pertama kalinya saya menggelar acara seperti ini. Sangat sukses dan saya sangat menikmatinya. Mereka (anak-anak) sangat pandai berbahasa Inggris dan juga menulis," kata David O’Shea di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan ini, David berdongeng lewat karyanya yang berjudul “Class of Nine”. Buku yang berhasil menyabet penghargaan itu mengisahkan tentang sembilan murid yang berhasil melewati berbagai rintangan di tahun akhir mereka di bangku sekolah dasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta Firmansyah mengatakan dalam rangka Hari Literasi Internasional Australia dan Indonesia mempunyai visi yang sama tentang bagaimana membangun bangsa melalui budaya membaca.

"Dengan adanya perhatian dari Kedubes Australia lewat sumbangan buku-buku di Australian Reading Corner akan menjadi khasanah dan menambah koleksi perpustakaan Cikini," katanya.
Acara peringatan Hari Literasi Internasional di Australian Reading Corner di Perpustakaan Jakarta Cikini, Kamis (14/9/2023).
​​​​​​​(ANTARA/Asri Mayang Sari)


Kuasa Usaha Kedutaan Besar Australia di Jakarta lewat pernyataan mengaku senang bahwa Kedutaan Besar Australia merayakan Hari Literasi Internasional dengan membawa kegembiraan dan petualangan bagi anak-anak di Australian Reading Corner.

Kolaborasi Kedubes Australia dengan Perpustakaan Jakarta di Cikini dirancang untuk membantu menumbuhkan kecintaan akan membaca dan mendorong berbagi pengetahuan tentang Australia di antara anak-anak dan berbagai komunitas di Indonesia, katanya.

Lebih dari 50 anak sekolah dasar (SD) Kebun Jeruk 10, Santa Ursula Jakarta, dan komunitas membaca TaCiTa Jakarta menjadi partisipan dalam acara tersebut. Anak-anak tampak antusias mendengarkan dongeng David. Mereka juga mengerjakan beberapa lembar tugas yang terkait dengan literasi dan pengetahuan seputar Australia.

SD Kebun Jeruk 10 dan SD Santa Ursula Jakarta merupakan bagian dari Program Kemitraan Sekolah BRIDGE antara Australia dan Indonesia.

Selain menggelar dongeng, Kedubes juga menyerahkan 35 buku Australia baru (21 judul), seperti buku anak, fesyen, arsitektur, seni dan pariwisata, sehingga menambah koleksi Australian Reading Corner di Perpustakaan Jakarta.

Baca juga: Puluhan sekolah Australia kunjungi Balai Wisata Budaya KBRI Canberra
Baca juga: Australia umumkan pendanaan untuk kemitraan iklim dan infrastruktur

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023