Jakarta (ANTARA) - Pembalap asal China Zhou Guanyu resmi memperpanjang kontraknya bersama tim balap Alfa Romeo untuk menghadapi Formula 1 musim 2024 dan tetap bersama rekan satu timnya, Valtteri Bottas.

"Bergabung kembali dengan tim selalu merupakan perasaan yang luar biasa, terutama ketika kami mengetahui bagaimana keadaannya. Saya bangga menjadi bagian Alfa Romeo dan berterima kasih atas kepercayaan mereka," kata Zhou, dikutip dari laman resmi Formula 1, Jumat.

Zhou melakukan debutnya bersama tim asal Swiss itu pada 2022, mencetak satu poin pada debutnya di Bahrain dan telah menunjukkan kemajuan yang pesat sejak saat itu.

Tim menilai bahwa kedewasaan dan pendekatan metodis Zhou di tahun keduanya telah membuatnya mendapatkan lebih banyak dukungan di dalam tim dan kesepakatan baru adalah hal yang dapat dipastikan karena kedua pihak bertujuan untuk perbaikan lebih lanjut.

Ini berarti Zhou akan memiliki kesempatan untuk balapan di kandang sendiri untuk pertama kalinya di F1, dengan Grand Prix China yang kembali hadir di kalender tahun depan.

"Saya juga sangat gembira dengan kesempatan untuk akhirnya balapan bersama tim saya di China, di hadapan penonton tuan rumah. Ini akan menjadi momen yang luar biasa dan saya bangga bisa membaginya dengan semua orang yang telah mendukung saya," ujar Zhou.

Selain itu, perpanjangan kontrak Zhou juga dianggap memberikan stabilitas tim karena Bottas sudah memiliki kontrak untuk 2024.

Baca juga: Statistik Grand Prix Singapura di Marina Bay

Dengan dua pembalap Alfa Romeo yang kini telah dikonfirmasi untuk musim 2024, perwakilan tim Alessandro Alunni Bravi mengatakan keputusan untuk melanjutkan F1 dengan susunan pembalap yang tidak berubah adalah bukti investasi yang telah dilakukan dalam proyek tim.

"Valtteri dan Zhou adalah pembalap yang memiliki bakat dan keterampilan yang terkenal dan mereka bekerja sama dengan sangat baik, mereka sangat cocok dan dapat saling mendukung," kata Bravi.

"Sekarang tongkat estafet kembali ke kami – kami harus memberikan mobil yang bagus kepada kedua pembalap dan menempatkan mereka dalam kondisi terbaik untuk tampil," imbuhnya.

Sementara itu, Alfa Romeo menuju Grand Prix Singapura akhir pekan ini di posisi kesembilan dalam klasemen konstruktor, terpaut satu poin di belakang Haas.

Baca juga: Leclerc isyaratkan untuk bertahan bersama Ferrari
Baca juga: McLaren bawa desain livery spesial untuk GP Singapura dan Jepang

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023