Ciamis (ANTARA News) - Pesawat latih yang tergelincir lantas terbalik ketika akan lepas landas di Bandara Nusa Wiru, Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Jumat, milik sekolah pilot, Bandung Pilot Academy.

"Pesawat yang tergelincir itu milik Bandung Pilot Academy yang sedang latihan," kata Komandan Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya, Letkol Pnb. Indan Gilang Buldansyah.

Indan mengaku belum tahu penyebab pesawat tergelincir dan mengatakan penanganan masalah itu diserahkan ke Bandara Nusa Wiru dan Bandung Pilot Academy di Bandung.

"Wilayah udaranya memang Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, di sana sering dipakai latihan, tapi dengan kejadian ini Bandara Nusa Wiru yang menanganinya," kata dia.

Pesawat latih jenis Cessna 172 SP dengan pilot, Rudi Herwin Cahyadi asal Bandung, tergelincir di Bandara Nusa Wiru, Kecamatan Cijulang, sekitar pukul 08.00 WIB.

Setelah melakukan latihan terbang pada ketinggian 1.000 meter, pilot mendaratkan pesawat dan ketika hendak menerbangkannya lagi pesawat tergelincir dan terbalik keluar landasan.

Akibat kejadian itu, bagian depan dan belakang badan pesawat serta bagian sayap pesawat rusak. Namun pilot dan seorang siswa sekolah pilot selamat, hanya mengalami luka ringan dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Kota Banjar untuk mendapatkan penanganan medis.


Pewarta: Feri Purnama
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013