Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhasil maju ke babak semifinal Hong Kong Open 2023 pada Jumat (15/9), tepat di hari ulang tahunnya yang ke-26.

Tempat di semifinal ia pastikan seusai mengalahkan wakil Taiwan Chia Hao Lee di babak delapan besar melalui dua gim langsung 21-19, 21-18.

“Syukur Puji Tuhan, kemenangan ini mungkin kado ulang tahun saya,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, Jonatan mengatakan dirinya tak menampik jika ada sedikit tekanan, mengingat Lee sebelumnya berhasil menumbangkan dua unggulan teratas yaitu Viktor Axelsen (Denmark) dan Lee Zii Jia (Malaysia).

Meski demikian, Jonatan yang turun sebagai unggulan kelima itu berusaha untuk tetap fokus dan tenang dalam mengumpulkan poin demi poin di babak tersebut.

“Saya pastinya ada tekanan apalagi lawan juga bukan sembarangan, dia baru mengalahkan Viktor Axelsen dan Lee Zii Jia juga dan tadi di gim kedua dia kembali dengan perjuangannya,” kata Jonatan.

“Saya yang sudah unggul dan dia bisa mengejar. Belum lagi tadi di akhir, saya mau minta lap lapangan karena memang agak basah tapi wasit tidak mengizinkan,” ujarnya menambahkan.

Jonatan melanjutkan, dirinya ingin lebih tenang dan tidak terburu-buru dalam mematikan bola. Hal itu menyusul sejumlah angka yang ia berikan cuma-cuma kepada Lee karena tak sabar merebut angka.

“Dari start awal memang tidak mau menganggap remeh tapi ada beberapa momen saya terbawa emosi, terlalu menggebu-gebu saat bola tanggung. Itu pelajaran buat saya untuk bisa lebih tenang,” kata dia.

Di hari ulang tahunnya ini, Jonatan berharap bisa menjadi atlet yang lebih dewasa dan dijauhkan dari cedera agar bisa memberikan penampilan yang baik di setiap turnamen yang ia ikuti.

“Karena lagi ulang tahun, saya mohon doa untuk semua masyarakat Indonesia agar saya dijauhkan dari cedera, lebih bijak dan lebih dewasa. Karena kalau minta didoakan supaya sukses misalnya di turnamen ini, tidak ulang tahun pun saya rasa semua doain itu,” ujar Jonatan sembari tertawa.

Dengan kemenangan ini, maka Jonatan akan bertemu dengan Ng Tze Yong dari Malaysia di babak semifinal. Selain itu, tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting, juga lolos ke empat besar dan akan menghadapi Kenta Nishimoto dari Jepang.

Baca juga: Persiapan matang permudah jalan Apri/Fadia ke semifinal Hong Kong Open
Baca juga: Laju The Daddies masih berlanjut ke semifinal Hong Kong Open

Baca juga: Timnas bulu tangkis Indonesia turunkan 17 wakil ke Hong Kong Open
Baca juga: Indonesia kirim tiga wakil ke final Indonesia Masters 2023

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023