Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan saat ini lumbung sosial mulai menyalurkan bantuan air bersih dan instalasi pengolahan air ke daerah terdampak kekeringan.

Mensos Risma di Jakarta, Jumat, mengatakan lumbung sosial sebelumnya digunakan untuk menyimpan makanan siap saji hingga peralatan pengungsian.

Baca juga: Kemensos bantu instalasi pengolahan air kepada masyarakat Gunungkidul

"Masalahnya sekarang warga di beberapa daerah mengeluh masalah air. Jadi, kita sekarang menangani kesulitan air bersih di sejumlah daerah dengan instalasi pengolahan air dan mengirimkan bantuan beberapa tangki air bersih," ujar Mensos Risma.

Mensos tidak menjelaskan secara rinci daerah yang telah disalurkan bantuan untuk instalasi pengolahan air tersebut. Namun, salah satu bantuan yang disebutkan yakni instalasi sumur bor untuk warga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terdampak kekeringan.

Baca juga: Mensos Risma janjikan air bersih masuk rumah warga Sembakung

Selain itu, Mensos juga tidak menyangka terdapat sejumlah wilayah yang rawan banjir, justru mengalami kekeringan seperti Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, serta Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Mensos mengerahkan Kepala Balai Kemensos di wilayah terdampak kekeringan untuk mengirimkan bantuan air bersih. Di Demak, Kemensos sudah mengirim hingga 400.000 liter air untuk warga terdampak kekeringan.

Baca juga: Mensos resmikan fasilitas instalasi air bersih bagi warga Serang

"Kasihan warga. Saya minta teman-teman balai untuk gerak semua membantu," ujar dia.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023