Jakarta (ANTARA) - Pebalap Max Verstappen mengutarakan kekecewaannya terhadap performa mobil timnya, Red Bull, di sesi latihan bebas (free practice/FP) jelang Grand Prix Singapura, Jumat (15/9).

  Dikutip dari laman resmi Formula 1, Sabtu, Verstappen menilai dirinya cukup kesulitan untuk mengendarai mobilnya di Marina Bay Street Circuit. Terlebih, kecepatan dua pembalap Ferrari yaitu Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang mengungguli dua sesi latihan bebas, juga menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi tim Red Bull.

  “Ferrari sangat cepat, tapi menurut saya kami jauh lebih buruk dari yang kami perkirakan,” kata Verstappen.

  Pebalap asal Belanda itu berhasil finis di P3 pada sesi latihan bebas pertama. Lebih lanjut di sesi kedua, ia menyelesaikannya di P8, terpaut 0,732 detik dari Sainz. Sementara rekan satu timnya, Sergio Perez hanya 0,040 detik lebih cepat dari Verstappen dan finis di P7 pada sesi latihan bebas kedua.

  “Kami kesulitan dengan keseimbangan mobil. Kami mencoba beberapa hal di sesi latihan bebas kedua; beberapa di antaranya berhasil, beberapa tidak. Kami tidak pernah benar-benar menyatu dengan mobil jadi ada beberapa hal yang harus dipikirkan,” kata Verstappen.

  Saat disinggung mengenai keyakinannya untuk bisa merebut posisi pole, pebalap yang sudah mengoleksi rekor 10 kemenangan beruntun dalam satu musim itu mengatakan akan berusaha untuk memberikan penampilan terbaik di sesi kualifikasi.

  “Tentu saja saya akan berusaha untuk meningkatkannya (performa) untuk mendapatkan pole. Tetapi gap (di latihan bebas) cukup besar,” kata dia.


Baca juga: Duo Ferrari kuasai dua sesi latihan bebas GP Singapura
  Suasana hati Verstappen juga diamini oleh Perez, dengan pemenang Grand Prix Singapura 2022 itu melaporkan melalui radio tim di FP2 bahwa ia merasa berada di ambang kecelakaan.

  Sementara Verstappen juga terlihat mengalami momen-momen sulit di sesi tersebut saat ia kesulitan mendapatkan traksi belakang mobil RB19 yang ia kendarai.

  “Saya pikir ada beberapa hal menarik yang perlu kami pahami dalam sesi semalam. Sepertinya kami kesulitan dengan bagian belakang mobil, terutama di FP2, begitu banyak hal yang harus diperhatikan, dan mudah-mudahan kami bisa mendapatkan set-up terbaik, karena kami tahu kualifikasi itu sangat penting,” kata Perez.

  “Kami memang memperkirakan Ferrari akan sangat kuat di sini. Maksud saya, jarak kami terlalu jauh, jadi mudah-mudahan kami bisa memperkecil margin, tapi saya memperkirakan tantangannya cukup besar… Menurut saya, hal yang paling penting adalah memastikan kami mampu meningkatkan performa dan keseimbangan kami, namun, saat ini, kami masih jauh,” ujarnya menambahkan.

  Sementara itu, hari Sabtu akan digelar sesi latihan bebas kedua dan kualifikasi GP Singapura mulai pukul 16.30 WIB.

Baca juga: Statistik Grand Prix Singapura di Marina Bay

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023