kucuran dana insentif fiskal sebesar Rp10 miliar ini, telah menjawab secara langsung dan tuntas kondisi kinerja Pemkab Aceh Barat saat ini
Aceh Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menerima Dana Insentif Fiskal (DIF) periode kedua dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebesar Rp10 miliar, atas capaian kinerja menyeluruh pada tahun berjalan 2023, terutama dalam mengendalikan laju inflasi.

“Alhamdulillah, kinerja kita di kuartal kedua tahun 2023 kembali mendapat apresiasi positif dari Kementerian Keuangan. Ini benar benar hasil kerja kolektif, kerja cerdas dari semua elemen di jajaran Pemkab Aceh Barat,” kata Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi di Meulaboh, Sabtu.

Sebelumnya pada kuartal pertama, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga berhasil meraih penghargaan insentif fiskal kategori kinerja pengendalian inflasi sebesar Rp9,5 miliar dari Kementerian Keuangan RI tahun 2023 karena berhasil menekan tingkat inflasi.

Mahdi mengatakan prestasi tersebut tidak terlepas dari dukungan kuat Forkopimda Aceh Barat, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan pihak terkait lainnya.

“Penghargaan dalam bentuk kucuran dana insentif fiskal sebesar Rp10 miliar ini, telah menjawab secara langsung dan tuntas kondisi kinerja Pemkab Aceh Barat saat ini,” katanya.

Baca juga: Pertamina tambah kuota BBM nelayan di Aceh Barat jadi 176 kl/bulan

Baca juga: Harga jual beras di Meulaboh Aceh Barat mencapai Rp200 ribu per karung


Mahdi Efendi mendedikasikan penghargaan ini untuk semua elemen di Kabupaten Aceh Barat yang telah mendukung terwujudnya prestasi kinerja terbaik pada tahun 2023 ini.

Ia menjelaskan kucuran dana insentif fiskal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 336 Tahun 2023.

Selain Aceh Barat, terdapat kabupaten/kota lainnya di Aceh yang turut mendapatkan kucuran dana tersebut di antaranya Kota Sabang sebesar Rp9,4 miliar, Pidie Jaya
Rp12,07 miliar dan Kota Subulussalam mendapat Rp12,04 miliar.

Sebelumnya pada tahap pertama dari Propinsi Aceh yang mendapatkan dana insentif tersebut di antaranya Kabupaten Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Selatan, Gayo Lues serta Kota Langsa.

Mahdi berharap sukses meraih dana secara beruntun itu tak membuat semua kalangan di Aceh Barat bersikap jumawa.

Ia meminta kepada seluruh jajaran pemerintah di Aceh Barat, agar terus meningkatkan konsolidasi dan kekompakan dalam berkarya dan bekerja. Sehingga pemerintah daerah mampu mempertahankan prestasi ini hingga kuartal ketiga 2023.

Baca juga: BSI hadirkan program beasiswa perguruan tinggi di Aceh

Baca juga: Pemprov Aceh menyerahkan Rancangan APBA 2024 sebesar Rp10,3 triliun

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023