Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI turunkan puluhan personel dalam memperingati Hari Bersih-bersih se-Dunia (World Cleanup Day) tahun 2023 di Pantai Bemban, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu.
 
Kepala Zona Bakamla Barat Laksma Bakamla Syufenri mengatakan dalam kegiatan itu pihaknya berhasil mengumpulkan 100 kilogram sampah.
 
"Puluhan personel Bakamla RI yang turut aksi World Cleanup Day atau Hari Bersih-bersih se-Dunia, berhasil mengumpulkan 12 karung seberat 100 kg sampah di Pantai Bemban Nongsa, Kota Batam," ujar Syufenri dari keterangan yang diterima di Batam, Sabtu.
 
Dia menyebutkan, keterlibatan pihaknya dalam peringatan hari bersih-bersih se-dunia ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial sebagai personel Penjaga Laut Nusantara untuk menjaga bumi.

Baca juga: Aan Kurnia minta personel bersiap jika Bakamla dan KPLP disatukan

Baca juga: Laksdya TNI Irvansyah berencana tambah kapal dan tingkatkan pangkalan
 
"Selain tugas patroli, Bakamla RI juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan laut dari pelanggaran berupa pencemaran atau polusi laut," katanya.
 
Karena, pantai dan laut yang tercemar sampah dapat mengganggu ekosistem di laut dan ini berdampak bagi kehidupan manusia dan biota laut.
 
"Terlebih menjadi tanggung jawab kita saat ini, supaya laut bersih sehingga dapat kita wariskan kepada anak cucu kita," kata dia.
 
Dia mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya tidak hanya sendiri. Personel Bakamla RI juga berkolaborasi bersama unsur masyarakat, siswa sekolah, mahasiswa, lembaga pemerintah dan aparat keamanan.
 
"Dalam kegiatan tadi, aksi bersih-bersih ini tidak hanya dilakukan di pantai Bemban Nongsa. Aksi bersih-bersih juga dilaksanakan di tujuh lokasi di Kota Batam," ujarnya.*

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Laksdya TNI Irvansyah menjadi Kepala Bakamla

Baca juga: Bakamla usulkan aturan jerat kapal asing lakukan aktivitas ilegal

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023