Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengajak masyarakat untuk menjajal angkutan kota (angkot) mikrotrans JAK.108 (Kramatjati - Bambu Apus) mulai Senin (18/9).

Kepala Departemen Humas dan CSR PT TransJakarta Wibowo di Jakarta, Ahad mengatakan mikrotrans JAK.108 (Kramatjati - Bambu Apus) beroperasi dari Jalan Dato Tonggara sampai SMP Negeri 283 Jakarta pada Senin sampai Minggu, pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Pengganti mikrolet itu dapat membawa penumpang melewati 75 titik perhentian, terdiri dari perhentian Dato Tonggara hingga SMP Negeri 283 Jakarta sebanyak 46 titik dan perhentian SMP 283 Jakarta hingga Dato Tonggara sebanyak 29 titik.

Umumnya, Mikrotrans memiliki kapasitas sembilan hingga 11 penumpang dan tarif Rp0, dengan syarat menggesek kartu uang elektronik pada mesin pembaca yang disediakan di kendaraan.

Baca juga: DKI uji coba pembelian tiket berbasis akun pada MRT-LRT-Transjakarta

Wibowo juga mengumumkan adanya modifikasi layanan rute "bus rapid transit Metrotrans" sebagai pengganti Metromini, koridor 4C (Halte TU Gas - Bundaran Senayan) dan 2B (Transera - ASMI), Selasa (19/9).

Dalam penyesuaian layanan itu, petugas TransJakarta akan memfasilitasi penaikan dan penurunan penumpang pada titik-titik pemberhentian bus.

Layanan TransJakarta rute 4C (Galte TU Gas - Bundaran Senayan) akan melalui 74 titik
perhentian.

Dari Halte TU Gas menuju Bundaran Senayan terdapat 38 titik perhentian, sebaliknya dari Bundaran Senayan menuju Halte TU Gas terdapat 36 titik perhentian.

Baca juga: TransJakarta bangun empat halte BRT baru jelang Piala Dunia U-17

Selanjutnya, untuk rute 2B (Transera - ASMI) akan melalui 58 titik perhentian.

Dari Transera menuju Asmi terdapat 28 titik perhentian, sebaliknya dari ASMI menuju Transera terdapat 30 titik perhentian.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023