Sebagian wilayah hujan dengan intensitas tinggi. Jelas hujan ini membantu penanganan karhutla
Tapin, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel), menyebutkan hujan yang melanda sejak sore hari membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah itu.

"Sebagian wilayah hujan dengan intensitas tinggi. Jelas hujan ini membantu penanganan karhutla," ujar Kepala Pelaksana BPBD Tapin Raniansyah di Rantau, Tapin, Minggu.

Meskipun tak lama, kata dia, hujan yang hanya berkisar satu jam, membasahi area rentan kebakaran, seperti kawasan rawa, pada beberapa wilayah di Kabupaten Tapin.

"Beberapa pekan terakhir dan Agustus cuma ada sekali hujan," ucap Raniansyah.

Dampak hujan ini juga dirasakan petani cabai rawit yang terdampak karhutla di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, pada Jumat kemarin.

Ketua Kelompok Tani Desa Hiyung Junaidi memastikan hujan yang mengguyur pada sore ini mampu memadamkan api di lahan perkebunan cabai rawit Hiyung.

"Alhamdulillah hujan sangat deras di Hiyung," tutur Junaidi.

Baca juga: BPBD Tapin berupaya padamkan karhutla cabai hiyung siap panen

Usai hujan tersebut, kata Junaidi, sudah tak terlihat kepulan asap di wilayah rawa kering yang terdampak kebakaran.

Berdasarkan data BPBD Tapin, sejak Juni sampai akhir Agustus 2023 terjadi 52 karhutla dan membakar lebih dari 76 hektare, yang didominasi lahan semak belukar.

Akibat karhutla yang melanda lahan cabai di Hiyung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin memberikan bantuan kepada petani yang mengalami kerugian materi.

Saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Tapin membahas bentuk dan teknis bantuan bagi petani yang terdampak karhutla tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin Triasmoro mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan dana darurat untuk membantu petani menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Hari Senin, kami bersama BPBD langsung ke lokasi menghitung kerugian," ucapnya.

Berdasarkan pantauan, hujan mengguyur sebagai wilayah Kalsel, seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tapin, dan sekitarnya, sejak Minggu siang hingga jelang malam hari.

Baca juga: BPBD Tapin berupaya padamkan api, amankan pemukiman dari karhutla
Baca juga: Petugas berjibaku padamkan karhutla dekatBandara Syamsudin Noor

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang dan M Fauzi Fadillah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023