Di mana pada hari ini, Partai kita telah resmi menerima bergabung-nya Partai Demokrat ke dalam Koalisi Indonesia Maju
Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan kader partai-nya untuk tetap rendah hati dan bekerja keras usai Partai Demokrat memberikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.
 
"Saya ingatkan kepada kader Partai Gerindra seluruh Indonesia untuk tetap rendah hati, untuk tetap bekerja keras, untuk tetap mendekatkan diri kepada rakyat, dan untuk tetap menjaga suhu politik supaya damai dan kondusif," kata Dasco dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu malam.
 
Dasco menyebut Partai Gerindra telah menerima satu kehormatan dengan bertambahnya kekuatan dalam menghadapi Pilpres 2024, yakni bergabung-nya Partai Demokrat dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).
 
"Di mana pada hari ini, Partai kita telah resmi menerima bergabung-nya Partai Demokrat ke dalam Koalisi Indonesia Maju," ucapnya.
 
Dia menjelaskan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beserta ketua umum partai politik KIM lainnya telah menerima Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Hambalang, Jawa Barat, Minggu sore.

Baca juga: Demokrat dukung Prabowo maju calon Presiden RI pada Pilpres 2024

Baca juga: Viva Yoga: PAN gembira Demokrat gabung Koalisi Indonesia Maju
 
"Dalam pertemuan itu, Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang menyatakan partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024," katanya.
 
Untuk itu, dia mengingatkan kepada kader Partai Gerindra di seluruh Indonesia untuk mensyukuri tambahan kekuatan bagi Partai Gerindra pada Pilpres 2024 tersebut.
 
"Apa yang telah terjadi hari ini adalah sesuatu yang membuat kami bangga, sesuatu yang membuat kami kuat, sesuatu yang membuat kami bertambah semangat untuk berjuang sehingga mulai hari ini kami pererat kerja sama dengan saudara saudara kita dari Partai Demokrat seluruh Indonesia sebagai salah satu teman seperjuangan selain saudara-saudara kita dari partai yang telah berkoalisi terlebih dahulu," tuturnya.
 
Terkahir, Dasco juga mengajak para kader partai-nya untuk senantiasa menghormati kontestan lain dalam Pilpres 2024 demi membangun Indonesia Maju.
 
"Mari kita menghormati satu sama lain dalam kontestasi ini. Mari kita lakukan politik dengan riang gembira dan mari kita sama-sama membangun bangsa untuk Indonesia Maju. Kepada kader Gerindra seluruh Indonesia, mari kita jemput kemenangan yang sebentar lagi datang, tuntaskan perjuangan kita yaitu 2024 Prabowo presiden! Indonesia menang," kata dia.
 
Sebelumnya, Partai Demokrat menyampaikan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang didampingi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan dukungan itu secara langsung kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman pribadi Prabowo, Hambalang, Jawa Barat.

Baca juga: Demokrat umumkan arah koalisi saat Rapimnas 21 September
 
"Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan sebagai berikut: Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai capres (calon presiden) di Pilpres 2024," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada ANTARA di Jakarta.
 
Meski demikian, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mengumumkan secara resmi arah koalisi partai-nya untuk Pilpres 2024 saat rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada 21 September 2023.
 
"Untuk keputusan resmi Demokrat bergabung dengan koalisi atau kerja sama untuk Pilpres 2024 akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, pada Rapimnas Partai Demokrat hari Kamis 21 September 2023," tutur Herzaky saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023