Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah berharap situs jual beli online produk-produk UMKM asal provinsi itu NTB Mall mampu merambah pasar mancanegara.

"NTB Mall akan menampung semua produk UMKM, sehingga UMKM tidak perlu memikirkan pemasarannya lagi, semoga suatu saat nanti bisa mengakomodir semua produk UMKM NTB," kata Zulkieflimansyah pada Grand Opening NTB Mall yang berada di komplek Masjid Hubbul Wathan Islamic Center (IC) Kota Mataram," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Minggu.

Ia mengatakan bahwa hadirnya NTB Mall sebagai wadah bagi para UMKM untuk dapat memasarkan produk UMKM ke berbagai dunia.

"Saya harap nanti ya NTB Mall akan menjadi Mall sungguhan," ujarnya.

Zulkieflimansyah mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan terus mendorong para UMKM untuk dapat memasarkan produk- produk unggulan-nya, tidak hanya di Indonesia, Malaysia, tetapi juga bisa merambah ke negara-negara lainnya.

"Saya yakin dengan semakin bersemangat nya para UMKM dengan berbagai kegiatan olahraga yang hadir di NTB seperti MotoGP, WSBK, MXGP kita akan memiliki outlet diberbagai belahan dunia," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, mengatakan bahwa hadirnya NTB Mall di komplek Masjid Hubbul Wathan Islamic Center dapat memberikan daya tampung yang lebih luas bagi para pelaku UMKM.

"Alhamdulillah, para UMKM kita tidak lagi mengantri, sekarang tempatnya semakin luas dan produk produk lokal UMKM dapat dipasarkan," katanya.

Sebelumnya, Pemprov NTB meluncurkan situs jual beli online produk-produk UMKM asli unggulan NTB ke Malaysia.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah mengatakan kehadiran NTB Mall di negeri jiran Malaysia merupakan bentuk komitmen Pemprov NTB dalam upaya memajukan dan memfasilitasi UMKM dengan memperkenalkan berbagai produk unggulan-nya.

"NTB Mall adalah wujud hajat kami dalam menaikkan kelas produk UMKM lokal, tidak hanya di NTB atau Indonesia namun juga harus dikenal di seluruh dunia," ujarnya.

Rohmi mengatakan bahwa semua produk di NTB Mall adalah karya atau produksi asli dari para pelaku UMKM binaan Pemprov NTB seperti tenun, mutiara yang selanjutnya perlu layak mendapatkan pasar hingga ke seluruh dunia, termasuk Malaysia.

Karena itu, ia pun berharap kerjasama kedua negara dalam bidang perdagangan ini dapat mempererat hubungan kedua negara.

"Mudah mudahan hadirnya NTB Mall semakin mendekatkan NTB dengan Malaysia, apalagi Lombok - Malaysia sudah ada penerbangan langsung 2 kali sehari maka semakin mudah," katanya.

Baca juga: Pemprov NTB dan NFH Malaysia jalin kerja sama penjualan produk UMKM

Baca juga: UMKM mutiara binaan PLN NTB mendunia lewat Rumah Kreatif BUMN

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023