Ini merupakan ikhtiar Gubernur NTB dengan program utamanya industrialisasi dan bela beli produk lokal
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menandatangani perjanjian kerja sama dengan The Futurist Foundation Nusantara Fashion House (NFH) Malaysia dalam pemasaran produk UMKM setempat di negeri jiran itu.

Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti menyampaikan pentingnya kerja sama itu sebagai bentuk ikhtiar NTB dalam mendukung program industrialisasi dan bela serta beli produk lokal.

"Ini merupakan ikhtiar Gubernur NTB dengan program utamanya industrialisasi dan bela beli produk lokal," kata Baiq Nelly Yuniarti dalam keterangan di Mataram, NTB, Senin.

Penandatangan kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dengan NFH Malaysia disaksikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Ketua Dekranasda NTB Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Nelly mengatakan pihaknya terus berupaya mendukung produk lokal NTB untuk go internasional. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan membuka gerai di berbagai negara.

"Kami berupaya agar produk-produk NTB bisa go to global. Salah satu caranya adalah dengan membuka gerai di negara lain," ujarnya.

Baca juga: Gubernur: Limoff langkah nyata NTB jadi pusat fesyen muslimah nasional

Baca juga: Mendag sebut harga bahan pokok di Sumbawa NTB stabil


Menurutnya, dalam kerangka kerja sama ini, produk-produk ekonomi kreatif dan fesyen dari NTB akan dijajal di Malaysia. Strategi promosi dan penjualan produk-produk ini merupakan salah satu dari sekian strategi yang akan dilakukan dalam mempromosikan produk-produk unggulan NTB.

"Produk-produk yang akan dibawa ke Malaysia itu berupa ekonomi kreatif dan fesyen," terang Nelly.

Diharapkan kerja sama antara Pemprov NTB dan NFH Malaysia dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan industri lokal, meningkatkan ekspor produk NTB, dan memperkenalkan kekayaan budaya NTB ke kancah internasional.

Untuk diketahui NFH Malaysia menempati area seluas 700 meter persegi di Strand Mall, Kuala Lumpur, Malaysia, yang menampilkan berbagai produk fesyen Indonesia, termasuk nantinya produk fesyen dan produk ekonomi kreatif (ekraf) lainnya dari NTB.

Kerja sama ini akan meningkatkan promosi dan pemasaran produk fesyen NTB di pasar Malaysia, dan peluang besar untuk peningkatan ekspor produk fesyen dan ekraf NTB lainnya.

Ke depan, kerja sama pemasaran tidak hanya berfokus pada produk fesyen, tetapi juga produk kecantikan, kerajinan dan produk UKM lainnya.

Sementara Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapresiasi kerja sama antara Pemprov NTB dan NFH Malaysia dalam meningkatkan bela serta beli produk lokal, terutama UMKM.

"Insya Allah produk-produk kita jadi bisa lebih di kenal di Malaysia," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Baca juga: Angkasa Pura I mendukung sport tourism di NTB

Baca juga: Pabrik bata plastik beroperasi di NTB

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023