Jakarta (ANTARA) - Arsenal mengamankan kemenangan tipis atas Everton dengan skor 1-0 pada pekan kelima Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Minggu.
 
Kemenangan Arsenal pada pertandingan ini hadir berkat gol tunggal yang dicetak oleh Leandro Trossard pada babak kedua, demikian catatan Liga Inggris.
 
Hasil ini membuat Arsenal menempati peringkat keempat klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 13 poin dari lima pertandingan, sedangkan Everton masih tertahan di posisi ke-18 dengan torehan satu poin.
 
Secara statistik Arsenal jelas mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 76 persen penguasaan bola serta melepaskan 14 tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Baca juga: Gol debut Declan Rice warnai kemenangan Arsenal atas Man United 3-1
 
Pada pertandingan ini, Arsenal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat berupaya melalui tendangan Fabio Vieira yang masih belum menemui sasaran.
 
Arsenal sempat berhasil membobol gawang Everton melalui tendangan Gabriel Martinelli, namun gol tersebut dianulir oleh wasit karena pemain asal Brazil itu lebih dulu berada dalam posisi offside.
 
Skuad asuhan Mikel Arteta terus menggempur lini pertahanan Everton, salah satunya melalui tendangan jarak jauh dari Ben White, namun masih dapat diamankan oleh kiper Everton Jordan Pickford.
 
Pada sisa waktu babak pertama Arsenal terus berupaya mencari gol, namun hingga turun minum skor 0-0 untuk kedua tim tetap bertahan.

Baca juga: Everton dikabarkan akan pindah ke stadion baru pada musim 2025/2026
 
Memasuki babak kedua, Arsenal kembali mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memiliki peluang melalui tendangan Martin Odegaard yang masih mengarah tepat ke pelukan Pickford.
 
Everton berbalik mengancam lini pertahanan Arsenal melalui upaya yang dilakukan oleh Arnaut Danjuma, namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Arsenal.
 
The Gunners akhirnya mampu membobol gawang dari Everton pada menit ke-69 setelah umpan tarik Bukayo Saka dapat disambut oleh tendangan Leandro Trossard sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Saka raih penghargaan PFA Young Player of the year 2022/2023
 
Berhasil unggul terlebih dahulu, Arsenal semakin bersemangat untuk mencari gol tambahan, termasuk melalui upaya Odegaard dan Vieira, namun tendangan keduanya masih dapat dibendung lini pertahanan Everton.
 
Pada waktu tambahan babak kedua, Everton berusaha menyamakan kedudukan, salah satunya melalui tendangan Dominic Calvert-Lewin yang masih menyamping dari gawang Arsenal. Skor 1-0 untuk kemenangan tim tamu tetap bertahan.
 
Pada pekan kelima Liga Inggris, Arsenal akan menjalani partai panas menghadapi Tottenham Hotspur, Minggu (24/9), sedangkan Everton akan berjumpa Brentford, sehari sebelumnya.
 
Baca juga: Chelsea kembali tertahan seusai bermain imbang 0-0 kontra Bournemouth
Baca juga: Beda nasib duo Manchester, Tottenham lanjutkan tren kemenangan

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023