Tentu saja produk-produk tersebut kami nilai layak dan memiliki daya saing untuk diikutkan dalam pameran berskala internasional
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo membawa produk enam usaha mikro kecil (UMK) binaan di Paviliun Indonesia dalam pameran CAEXPO ke-20 di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Kota Nanning, Guangxi, China.

Pelindo bersama Rumah BUMN mengikuti eksibisi China-ASEAN Expo (CAEXPO) yang merupakan salah satu pameran terbesar di China yang menjadi wadah promosi kerja sama antara China dan ASEAN, khususnya di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Kepala Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, menjelaskan produk UMK binaan Pelindo merupakan produk terbaik yang ikut dalam program inkubasi gedor ekspor.

Selain menghadirkan produk enam UMK, Pelindo juga menyertakan dua pelaku langsung UMK tersebut, yakni dari Witrove dan Enclave.

"Semua produk yang kami pamerkan di CAEXPO 2023 merupakan produk yang lolos seleksi Rumah BUMN. Tentu saja produk-produk tersebut kami nilai layak dan memiliki daya saing untuk diikutkan dalam pameran berskala internasional," kata dia.

Produk-produk yang dipamerkan tersebut merupakan barang-barang produksi UMK, yaitu Witrove dengan produk kerajinan eceng gondok, Enclave dengan produk dekorasi rumah berbahan dasar kayu, Secret Potion dengan produk kecantikan dan kesehatan, Maharani Craft dengan produk perhiasan rumahan, Manika dengan produk perhiasan, dan Gusbeisae Batik yang memamerkan produk pakaian.

Paviliun Indonesia dibangun di area seluas 2.150 meter persegi, yang diikuti oleh empat kategori produk food & beverage, fashion accessories and jewelry, furniture and home decor, consumer goods, spa serta herbal and beauty.

Paviliun Komoditas Indonesia di ajang CAEXPO 2023 dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. Pada kesempatan tersebut, turut hadir Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi, yang juga merupakan salah satu Komisaris Pelindo.

Dalam sambutan pembukaan, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan adanya Paviliun Indonesia di CAEXPO akan semakin mengenalkan berbagai produk unggulan Indonesia di kancah global.

"Harapan saya, paviliun ini semakin mengenalkan produk Indonesia ke konsumen China dan membuka akses pasar melalui direct selling ataupun kerja sama business-to-business," kata Wapres.

Dengan mengusung tema Work Together for a Harmonious Home and a Shared Future, pameran tersebut akan dilaksanakan secara hibrida, yaitu secara luring pada 16-19 September 2023, sedangkan secara daring akan dilaksanakan hingga September 2024 melalui platform CAEXPO.


Baca juga: Bea Cukai bina 3.940 UMKM di Jawa Timur untuk ekspor ke lima benua
Baca juga: Mendag: E-commerce harus berkembang guna tingkatkan ekspor UMKM

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023