Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menargetkan akselerasi transformasi teknologi digital dapat tercapai pada 2024, sebagai bagian untuk memodernisasi organisasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami jadikan ikon bagi agenda 'Memenangi Masa Depan' ini adalah pertama agenda transformasi digital dan teknologi bagi Nahdlatul Ulama," ujar Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf saat membuka Munas Konbes NU di Ponpes Al Hamid Jakarta, Senin.

Gus Yahya menegaskan NU harus bergerak cepat dalam menghadapi perubahan teknologi dan mengintegrasikan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan organisasi.

Ia mengatakan program transformasi digital sebagai ikon dari agenda 'Memenangi Masa Depan' yang menjadi tema dan bahasan utama dalam Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama 2023.

Baca juga: Presiden Jokowi membuka Munas-Konbes NU 2023

Baca juga: PBNU kukuhkan Jokowi jadi pengampu Gerakan Keluarga Maslahat NU


Transformasi digital yang ditargetkan oleh PBNU akan mencakup berbagai bidang, termasuk pendidikan, administrasi, komunikasi, dan layanan kepada masyarakat.

"Kami menargetkan di tahun 2024, semua urusan yang menyangkut Nahdlatul ulama mulai komunikasi, surat menyurat, informasi, sampai dengan transaksi dilakukan dengan melakukan teknologi digital," katanya.

Menurutnya, dengan transformasi digital, PBNU berharap dapat mencapai efisiensi yang lebih tinggi dalam pengelolaan administrasi dan pelayanan.

"Mudah-mudahan, saya sampaikan kepada teman-teman, saya berharap tahun 2024 nanti saya tidak lagi melihat kertas karena semuanya dilakukan secara digital. Insya Allah," katanya.

Selain transformasi digital, Gus Yahya juga membeberkan agenda besar menuju visi memenangi masa depan.

Upaya-upaya tersebut meliputi pemberian beasiswa bagi kader-kader Nahdlatul Ulama, sistem pengaderan yang lebih terintegrasi, dan konsolidasi seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

"Untuk agenda memenangi masa depan kami berpikir perlunya mencegat masa depan itu tanpa menunggu-nunggu lagi. Maka banyak hal kami persiapkan dan sudah mulai kami laksanakan untuk keperluan itu," kata dia.

Pelaksanaan Munas Konbes NU berlangsung mulai Senin hingga Rabu (18-20 September 2023). Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama merupakan forum tertinggi setelah Muktamar dalam organisasi Nahdlatul Ulama.

Dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) NU hasil Muktamar Ke-34 NU tahun 2021 di Lampung, disebutkan bahwa munas digelar paling tidak dua kali dalam satu kali masa khidmah kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca juga: PBNU resmi Ponpes Al Hamid Jakarta jadi tuan rumah Munas Alim Ulama

Baca juga: PBNU dorong pemerintah benahi sistem kesehatan nasional

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023