saat ini pelayanan KA komersial kelas eksekutif relasinya hanya dari Jakarta sampai Stasiun Bandung, tidak ada sampai Stasiun Kota Banjar
Garut (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan sejumlah pemerintah daerah (pemda) di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat, mengusulkan adanya kereta api (KA) komersial kelas eksekutif dari Kota Banjar yang bisa langsung ke Jakarta maupun sebaliknya untuk memudahkan mobilisasi masyarakat.

"Pemda meminta ada eksekutifnya, pemda antara lain Banjar, Tasikmalaya, saya lupa ya pokoknya dari wilayah Priangan Timur lah ada yang meminta," kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Mahendro saat kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan di Stasiun Cibatu Kabupaten Garut, Jabar, Senin.

Ia menuturkan PT KAI pada dasarnya siap membuka relasi baru kereta api komersial selama ada usulan dan persetujuan dari Kementerian Perhubungan untuk relasi Stasiun Kota Banjar dengan tujuan ke Ibu Kota Jakarta.

Pemda, kata dia, sudah melayangkan surat usulan dengan tembusan PT KAI Daop 2 Bandung yang mengharapkan adanya layanan KA kelas eksekutif untuk bisa terhubung dengan stasiun di Jakarta.

"Dia sudah bersurat resmi ke Kementerian Perhubungan untuk meminta ada tambahan kereta," katanya.

Ia menyampaikan relasi tambahan di jalur Priangan Timur menuju Jakarta itu sudah dibahas, namun segala keputusannya kewenangan Kementerian Perhubungan, sedangkan PT KAI hanya pelaksana atau operator sarana pelayanan KA.

Baca juga: Daop II Bandung pastikan feeder untuk kereta cepat siap beroperasi

Baca juga: KAI Bandung belum wajibkan "face recognition" untuk kereta jarak jauh


Ia menyampaikan saat ini pelayanan KA komersial kelas eksekutif relasinya hanya dari Jakarta sampai Stasiun Bandung, tidak ada sampai Stasiun Kota Banjar, begitu juga sebaliknya dari timur hanya tujuan akhir sampai Bandung tidak sampai Jakarta.

"Jadi ingin ada beberapa kereta api yang dari Jakarta bisa ke Banjar gitu ya, kalaupun ada, tidak ada eksekutifnya," katanya.

Ia mengungkapkan sebelumnya sudah ada relasi KA Stasiun Banjar - Stasiun Gambir, tapi jumlah penumpangnya ramai saat awal dioperasikan, selanjutnya sepi penumpang, hingga akhirnya tidak beroperasi lagi.

Menurut dia, jalur selatan KA komersial kelas ekonomi maupun eksekutif sudah cukup banyak relasinya, jika ada penumpang dari Priangan Timur ingin naik KA kelas eksekutif tujuan Jakarta, bisa sambung relasi dari Stasiun Bandung menuju Jakarta, begitu juga sebaliknya.

"Dari pemerintah kabupaten maupun pemerintah kota di Priangan Timur ingin yang langsung karena seperti kita ketahui ya mereka mungkin banyak rapat-rapat di Jakarta," katanya.

Baca juga: KAI Bandung catat 39.873 tiket terjual untuk libur panjang Idul Adha

Baca juga: Penumpang KA Siliwangi meningkat selama libur panjang



 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023