Daop 2 Bandung mencatat selama tahun 2023 terjadi sebanyak 21 pelanggan yang salah naik kereta
Bandung (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mencatat sebanyak 39.873 tiket telah terjual untuk perjalanan kereta api di masa libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 H atau selama 28-30 Juni 2023.
 
Manajer Humas KAI Daop 2 Mahendro Trang Bawono mengatakan puluhan ribu tiket yang terjual itu untuk sebanyak 23 perjalanan kereta api jarak jauh yang disiapkan selama masa libur panjang tersebut.
 
"Daop 2 Bandung menyiapkan 23 perjalanan KA ini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dan antisipasi peningkatan volume penumpang yang ingin menikmati momen libur panjang akhir pekan depan," kata Mahendro di Bandung, Jawa Barat, Jumat.
 
Dari jumlah tersebut, dia mengatakan sebanyak 18.461 pelanggan berangkat dari Stasiun Bandung, 11.988 pelanggan berangkat dari Stasiun Kiaracondong, dan sisanya dari stasiun lain di wilayah Daop 2 Bandung.
 
"Tujuan favorit para pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut di dominasi KA dengan tujuan ke arah timur seperti Yogyakarta, Solo dan Surabaya," kata dia.

Baca juga: Daop Semarang sediakan ratusan ribu tiket KA hadapi liburan

Baca juga: KAI Surabaya: 16.758 orang gunakan kereta api menjelang libur panjang
 
Dengan banyaknya tiket kereta api yang telah terjual, dia pun mengimbau masyarakat yang telah membeli tiket tersebut agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan, baik tanggal maupun jam keberangkatan.
 
Karena, kata dia, sejauh ini masih banyak penumpang yang salah menumpangi kereta api karena kekeliruan melihat dan memahami jadwal keberangkatan.
 
"Daop 2 Bandung mencatat selama tahun 2023 terjadi sebanyak 21 pelanggan yang salah naik kereta," katanya.
 
Di samping itu, dia menyampaikan saat ini penumpang kereta api sudah diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023.
 
"Diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19," kata dia.

Baca juga: Tiket KA libur Idul Adha keberangkatan Daop 7 terjual 15.165 kursi

Baca juga: KAI Daop 9 Jember sediakan 600 tiket promo jelang libur sekolah

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023