Game The President ini harapannya akan menjadi gambaran mahasiswa sekaligus sosialisasi tentang pemilu, terutama dalam mencipatakan kondisi yang aman, bebas, rahasia, jujur dan adil
Surabaya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Surabaya mengedukasi sebanyak 2.014 mahasiswa sebagai muda pemula jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lewat permainan game online The President saat pembukaan Mastama, Ordik, Expo (MOX) di kampus setempat, Senin.
 
Rektor UM Surabaya Sukadiono mengatakan edukasi kepada mahasiswa sangat penting dilakukan, mengingat jumlah 2.014 mahasiswa baru UM Surabaya adalah generasi Z yang tergolong dalam kelompok pemilih pemula dengan proporsi terbesar di pemilu 2024.
 
"Game The President ini harapannya akan menjadi gambaran mahasiswa sekaligus sosialisasi tentang pemilu, terutama dalam mencipatakan kondisi yang aman, bebas, rahasia, jujur dan adil, mengingat mereka akan menggunakan hak pilih untuk pertama kalinya," ujar Suko.

Baca juga: PKB siap kampanye door to door dongkrak elektabilitas Anies-Muhaimin
 
Suko berpesan kepada ribuan mahasiswa baru supaya pandai menangkal berita hoaks yang dapat menimbulkan keresahan sekaligus mencegah politisasi suku agama ras dan antar golongan (SARA) di tahun politik seperti ini.
 
Tak hanya itu, Suko juga menegaskan mahasiswa baru harus pandai melakukan tracking terhadap rekam jejak peserta Pemilu, baik partai maupun calon legislatif, calon presiden dan wakil presiden.
 
Menurutnya, rekam jejak ini berkaitan dengan integritas sehingga dapat menguatkan demokrasi di Indonesia.
 
"Penyakit demokrasi yang harus dihindari juga intervensi politik uang, selain menghasilkan manajemen pemerintahan yang korup, politik uang juga dapat merusak paradigma bangsa," kata Suko.

Baca juga: Puan: AHY dan Ridwan Kamil sudah tak mungkin dampingi Ganjar
 
Ia sangat berharap hadirnya game The President yang diluncurkan oleh UM Surabaya bisa dimainkan oleh siapa saja dan menjadi edukasi bagi pemilih pemula, sehingga bisa menghasilkan pemimpin yang aspiratif, berkualitas dan bertanggung jawab dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
 
Untuk memainkan game ini, yang pertama mahasiswa memilih figur tiga calon presiden yang terdiri dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.
 
Setelah memilih salah satu calon mahasiswa akan melakukan petualangan, dalam petualangan tersebut mahasiswa akan mendapatkan tantangan dan hadiah.
 
Dalam permainan tersebut, jika capres terkena rintangan, maka kekuatannya akan hilang satu, sebaliknya jika mendapatkan reward maka kekuatannya bertambah satu.
 
Pada Game The President juga mengangkat isu-isu penting seperti isu lumbung pangan, money politic, diskriminasi, politik dinasti, korupsi, ujaran kebencian, diskriminasi, kesehatan dan lingkungan.

Baca juga: Dasco: Isu soal Prabowo coba tutupi dukungan Partai Demokrat
 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023