New York (ANTARA) - Wall Street sedikit menguat pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), ketika pelaku pasar menantikan keputusan Federal Reserve AS yang diperkirakan akan mempertahankan suku bunga utamanya tidak berubah pada akhir pertemuan Rabu (20/9/2023).

Indeks Dow Jones Industrial Average terdongkrak 6,06 poin atau 0,02 persen, menjadi menetap pada 34.624,30 poin. Indeks S&P 500 naik tipis 3,21 poin atau 0,07 persen, menjadi berakhir di 4.453,53 poin. Indeks Komposit Nasdaq bertambah 1,90 poin atau 0,01 persen, menjadi ditutup di 13.710,24 poin.

Saham-saham energi, yang didukung oleh kenaikan harga minyak mentah, memperoleh keuntungan terbesar dari 11 sektor utama S&P 500, sementara saham-saham konsumen mengalami persentase penurunan terbesar, dengan Tesla Inc mengalami penurunan terbesar.

Ketiga indeks utama saham AS mengakhiri sesi berombak dengan kenaikan terbatas, karena investor, dengan sedikit katalis, menunjukkan sedikit keyakinan menjelang pertemuan kebijakan moneter dua hari The Fed.

“(Ketua Fed Jerome) Powell dapat memicu pergerakan besar ke arah mana pun dengan komentarnya dan Anda tentu tidak ingin terjebak di pihak yang salah,” kata Peter Tuz, presiden Chase Investment Counsel di Charlottesville, Virginia.

Bank sentral telah berjanji untuk tetap tangkas sehubungan dengan data ekonomi, yang telah menunjukkan tanda-tanda bahwa inflasi inti masih terus menurun menuju target tahunan The Fed sebesar 2,0 persen, dan menunjukkan perekonomian AS tetap pada pijakan yang kuat.

Dengan latar belakang ini, meningkatnya kekhawatiran bahwa kebuntuan di Capitol Hill dapat mengakibatkan potensi penutupan pemerintahan membuat para pelaku pasar merasa gelisah.

Menteri Keuangan Janet Yellen pada Senin (18/9/2023) mengatakan bahwa meskipun dia tidak melihat adanya risiko penurunan perekonomian, dia memperingatkan bahwa penutupan pemerintahan akan "menciptakan...situasi yang dapat menyebabkan hilangnya momentum adalah sesuatu yang tidak kita perlukan sebagai risiko pada saat ini."

Acara utama minggu ini adalah pertemuan kebijakan The Fed, yang diperkirakan akan berakhir dengan jeda kenaikan suku bunga, sehingga suku bunga dana Fed tidak berubah untuk kedua kalinya sejak Maret 2022, ketika bank sentral melancarkan serangan pembukaannya dalam upayanya melawan inflasi.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) juga akan merilis Ringkasan Proyeksi Ekonomi triwulanan, yang akan mencakup "dot plot", atau gambaran sekilas ekspektasi anggota yang berpartisipasi mengenai jalur suku bunga di masa depan.

Pasar keuangan saat ini memiliki kepastian 99 persen bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga utama pada 5,25-5,00 persen pada Rabu (20/9/2023). Selain itu, lintasan kurang pasti, dengan kemungkinan 69 persen bahwa FOMC akan bertahan pada November, menurut alat FedWatch CME.

“Pasar memperkirakan dot plot lebih rendah dibandingkan sebelumnya,” kata Sam Stovall, kepala strategi investasi CFRA Research di New York. "Kabar buruk adalah kabar baik; kebanyakan orang akan mengatakan akan lebih baik jika ringkasan proyeksi ekonomi menunjukkan pelemahan ekonomi tahun depan," ketika mereka mengukur waktu dari potensi perubahan arah The Fed.

Di sisi lain, kemungkinan pelemahan ekonomi dapat bermutasi menjadi resesi masih menjadi kekhawatiran utama.

“Investor mempertanyakan kemungkinan perlambatan versus hard landing, bertanya-tanya apakah keadaan bisa menjadi lebih buruk dari perkiraan para peramal saat ini,” tambah Stovall.

VF Corp merosot 4,6 persen menyusul penurunan peringkat saham perusahaan pakaian jadi oleh Piper Sandler menjadi "netral" dari "overweight".

Produsen cip Inggris Arm Holdings jatuh 4,5 persen setelah Bernstein memulai pemberitaan dengan peringkat "berkinerja buruk" hanya beberapa hari setelah debutnya yang luar biasa.

Paypal Holdings merosot 2,0 persen setelah MoffettNathanson memangkas peringkatnya menjadi "market perform" dari "outperform."

Volume perdagangan di bursa AS mencapai 9,44 miliar lembar saham, dibandingkan dengan rata-rata 10,05 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023