Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero), sebagai BUMN karya, mengungkapkan penyelesaian konstruksi Kayu Agung - Palembang – Betung (Kapalbetung) di Tol Trans Sumatera dan Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) Segmen Cibadak - Sukabumi Barat dapat dimulai pada tahun depan.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan, kedua tol tersebut sebetulnya milik Waskita Karya, namun karena Waskita Karya saat ini melakukan restrukturisasi keuangan maka Penyertaan Modal Negara (PMN) 2024 diberikan kepada Hutama Karya, dan digunakan untuk membantu penyelesaian Ruas Tol Kapal Betung di Tol Trans Sumatera dan Jalan Tol Bocimi Segmen Cibadak - Sukabumi Barat.

"PMN tersebut cair pada tahun depan, sehingga diharapkan penyelesaian konstruksi kedua jalan tol tersebut dimulai pada 2024," kata Budi Harto di Kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa.

Hutama Karya dialokasikan oleh Kementerian BUMN untuk mendapatkan PMN tahun 2024 sebesar RpRp18,6 triliun yang digunakan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap 1 dan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Kapalbetung serta Tol Bocimi.

Sebagai informasi, pembangunan Tol Kapalbetung terbagi menjadi tiga seksi yakni Seksi I Kayu Agung – Jakabaring sepanjang 33,5 km yang telah beroperasi sejak April 2020.

Baca juga: Waskita targetkan Tol Kapalbetung dan Bocimi Seksi 2 rampung pada 2023

Kemudian Seksi II Jakabaring – Musi Landas sepanjang 33,9 km dikerjakan dalam 2 Seksi yakni Seksi 2A ruas Jakabaring - Kramasan sepanjang 9 km beroperasi Januari 2020 dan Seksi 2B ruas Kramasan – Musi landas sepanjang 24.5 Km dalam tahap konstruksi. Selanjutnya Seksi 3 Musi Landas – Betung sepanjang 44.29 km juga dalam tahap konstruksi.

Tol Kayu Agung - Palembang – Betung merupakan bagian dari koridor utama (back bone) Jalan Tol Trans Sumatera untuk meningkatkan konektivitas antara kota/kawasan di Pulau Sumatera bagian selatan.

Tol ini akan mengintegrasikan konektivitas kawasan, memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri di koridor Palembang - Jambi.

Jalan tol ini juga terkoneksi dengan jalan nasional di Sumatera, sehingga diharapkan dapat mendukung pengembangan wilayah, khususnya di Sumatera Selatan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023