Kami sejak beberapa hari ini telah melakukan distribusi air bersih di lereng di Dusun Kaliurang Timur, Pakem
Sleman (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melakukan distribusi (droping) bantuan air bersih di wilayah di lereng Gunung Merapi yang mulai kesulitan air bersih karena dampak musim kemarau.

"Sejak 31 Agustus 2023 wilayah Kabupaten Sleman sudah ditetapkan siaga darurat kekeringan akibat puncak musim kemarau, dan sejumlah wilayah mulai mengalami kesulitan air bersih atau kekeringan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Selasa.

Baca juga: DKI dan PAM Jaya bangun lima unit reservoir komunal atasi krisis air

Menurut dia, terdapat sejumlah wilayah yang sudah mulai dilakukan distribusi bantuan air bersih untuk mencukupi kebutuhan warga sehari-hari, seperti di wilayah lereng Gunung Merapi di Dusun Kaliurang Timur dan Dusun Sejati, Sumberarum, Moyudan.

"Kami sejak beberapa hari ini telah melakukan distribusi air bersih di lereng di Dusun Kaliurang Timur, Pakem," katanya.

Ia mengatakan, di wilayah Dusun Kaliurang Timur terdapat dua rukun tetangga (RT) yang mengalami kesulitan air bersih karena mata air Kletak yang selama ini menjadi sumber air bersih warga, debit airnya menurun sehingga tidak bisa dialirkan ke warga.

Baca juga: BPBD Situbondo distribusi air bergiliran ke desa terdampak kekeringan

"Bantuan air bersih dilakukan dengan memasang hidran umum (HU) atau tangki penampung air dan kemudian warga menyalurkan lewat pipa secara gravitasi," katanya.

Makwan mengatakan, selain di lereng Gunung Merapi, bantuan pemenuhan air bersih juga mulai dilakukan di wilayah Sleman Barat, yakni di Dusun Sejati, Sumberarum, Moyudan.

"Kesulitan air bersih di Dusun Sejati akibat muka air Sungai Progo di wilayah itu menurun sehingga mengakibatkan sumur miliki warga mengiringi," katanya.

Ia mengatakan, untuk bantuan di Dusun Sejati ini berupa bantuan pompa air untuk mengangkat air dari Sungai Progo untuk mengisi sumur-sumur miliki warga setempat.

"Air dari Sungai Progo disediakan dengan dipompa ke atas sejauh 100 meter di sekitar sumur milik warga. Kemudian air yang meresap masuk ke dalam sumur dipompa dan masuk ke bak penampungan air," katanya.

Baca juga: Petugas sebut pipa bocor di tol Ancol Timur sedang tahap perbaikan
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023