Alhamdulillah, BPBD Kabupaten Sleman menjadi pemenang Subroto Award 2023 kategori Geologi, Mitigasi Bencana Geologi
Sleman, DIY (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daearah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meraih penghargaan Subroto Award 2023 kategori Geologi, Mitigasi Bencana Geologi dari Kementerian Energi dsn Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Alhamdulillah, BPBD Kabupaten Sleman menjadi pemenang Subroto Award 2023 kategori Geologi, Mitigasi Bencana Geologi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Sabtu.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menggelar Penghargaan Subroto 2023 sebagai bentuk apresiasi lembaga terhadap pemangku kepentingan sektor ESDM di Kempinski Ballroom Grand Indonesia, Jumat (29/9).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM kepada para pemegang kepentingan yang memiliki kinerja terbaik dalam satu tahun terakhir.

Menurut dia  Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam sektor energi dan sumber daya mineral dalam satu tahun terakhir.

Pemberian penghargaan Subroto Award ini merupakan acara puncak dari peringatan Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78 yang mengusung tema "Energi Masa Depan Bumi".

Kementerian ESDM memberikan apresiasi kepada 62 pemenang dari 14 bidang penghargaan di lingkungan Kementerian ESDM.

Makwan mengatakan, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) bersama dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mendampingi BPBD Kabupaten Sleman sebagai penerima penghargaan dalam Kategori Mitigasi Bencana Geologi yang dinilai proaktif dalam kegiatan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana geologi.

Mulai dari prabencana ataupun pascabencana serta kecepatan dalam merespon layanan dan mengikuti rekomendasi teknis yang diberikan dengan tujuan melindungi masyarakat terdampak bencana geologi.

Baca juga: Sistem Informasi Kebencanaan Sleman raih Penghargaan Bhumandala Award

Baca juga: BPBD Sleman distribusi bantuan air bersih di lereng Merapi

Baca juga: BNPB beri bantuan penanganan darurat Gunungapi Merapi ke Pemkab Sleman

Baca juga: BPBD Sleman lakukan pelebaran jalan jalur evakuasi Merapi

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023