Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan terus mendorong peningkatan pelaporan dokumen Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah setempat.

"Upaya peningkatan pelaporan dokumentasi SPMI ini kami lakukan dengan mengadakan bimbingan teknis terhadap Kepala Penjaminan Mutu atau pengelola penjaminan mutu di PTS di wilayah Kalimantan," kata Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Rinawati Agustina secara daring dari Palangka Raya, Selasa.

Ia menambahkan, bimbingan teknis dilaksanakan secara daring dan luring itu untuk mempermudah dan menjadi panduan bagi perguruan tinggi swasta akademik di Wilayah Kalimantan yang saat ini proses perbaikan pelaporan dokumentasi SPMI.

Rinawati menambahkan, bimbingan teknis ini juga sebagai langkah strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi di PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan.

"Hari ini ada sekitar 113 PTS akademik yang sudah melaporkan SPMI. Semoga usai Bimtek ini PTS akademik bisa memenuhi pelaporan dokumen sesuai standar SPMI yang ada," kata Rinawati.

Dengan kegiatan bimtek ini diharapkan pula terjadi peningkatan kualitas dan mutu di perguruan tinggi swasta di Kalimantan sebagai bentuk tanggung jawab institusi pendidikan tinggi kepada masyarakat dan berbagai pihak terkait lainnya.

Sementara itu, bimbingan teknis yang dipusatkan di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) selama dua hari ini dilaksanakan secara daring dan luring. Diikuti berbagai perwakilan PTS di wilayah Regional Kalimantan.

Turut sebagai pemateri adalah Ketua Pusat Penjaminan Mutu Profesor Dr A Oramahi, perwakilan dari Universitas Tanjungpura Dr Elvi Rusmiyanto Pancaning Wardoyo, perwakilan Universitas Borneo Tarakan Dr Elly Jumiati dan perwakilan PGRI Pontianak Marhadi Saputro MPd.

Materi yang disampaikan para pemateri meliputi Kebijakan SPMI, Dokumentasi SPMI, Sinergitas SPMI dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dan Pelaporan SPMI.

Baca juga: LLDIKTI XI perkuat peran kampus cegah kekerasan seksual

Baca juga: LLDIKTI XI: 90 persen PTS Kalimantan bentuk satgas PPKS

Baca juga: LLDIKTI dorong kampus perkuat jaringan tingkatkan serapan lulusan

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023