Kairo (ANTARA) - Di Kairo, ibu kota Mesir, para penjual dan pembeli mencari penawaran terbaik di sebuah pasar besar yang menampung ratusan mobil bekas.

"Saya datang ke pasar hari ini karena saya tidak mampu membeli mobil baru yang dibanderol dengan harga luar biasa," kata seorang akuntan bernama Mohammed Ashraf kepada Xinhua ketika dia memeriksa sebuah mobil buatan Jerman.

Pada November tahun lalu, Ashraf memiliki rencana untuk membeli sebuah mobil baru, tetapi mengurungkan niatnya karena kenaikan harga mobil baru.

"Harga beberapa merek mobil meningkat tiga kali lipat sejak 2022 karena kelangkaan mobil baru di pasaran serta depresiasi pound Mesir," kata Osama Aboul-Magd, kepala Asosiasi Dealer Otomotif Mesir (Egyptian Automotive Dealers Association/EADA), seraya menambahkan inflasi yang tinggi dan terbatasnya akses terhadap mata uang keras yang dibutuhkan untuk impor mobil juga berkontribusi pada kenaikan harga.
 
      Sejumlah warga memilih mengunjungi pasar mobil bekas di Kairo, pada 15 September 2023, tatkala harga-harga mobil baru meningkat tajam di Mesir.(Xinhua/Ahmed Gomaa)

Sementara itu, kelangkaan mobil baru membuat beberapa dealer mobil menetapkan harga yang terlalu mahal, imbuhnya.

Sebagai akibat dari rendahnya permintaan yang disebabkan oleh harga tinggi, penjualan mobil baru di Mesir mengalami penurunan drastis.

Penjualan mobil baru anjlok 69,88 persen secara tahunan (year on year) pada paruh pertama 2023, menurut statistik yang dirilis oleh Dewan Informasi Pemasaran Otomotif (Automotive Marketing Information Council/AMIC) di Mesir.

"Guncangan ekonomi global dan sejumlah tantangan domestik yang dialami Mesir berdampak pada pasar mobil di Mesir," kata Aboul-Magd.

"Semua tantangan ini membuat pasar mobil bekas berkembang pesat di Mesir karena sulit bagi mayoritas pelanggan Mesir untuk membeli mobil baru," katanya.
 
   Seorang pelanggan memeriksa mobil yang akan dibelinya di pasar mobil bekas di Kairo, Mesir, pada 15 September 2023. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Mostafa Hussien, seorang pedagang mobil Mesir dari Kegubernuran Menoufia di Kairo utara, sibuk bernegosiasi dengan seorang pelanggan yang mencoba menawar kesepakatan dengannya untuk membeli mobil buatan tahun 1999.

"Pasar ini buka setiap hari Jumat dan selalu ramai dengan pembeli," kata Hussein kepada Xinhua saat dia membersihkan mobilnya, menambahkan "masyarakat saat ini mencari mobil bekas karena harganya lebih terjangkau."

Hussien mengatakan dia datang ke pasar itu setiap akhir pekan untuk menjual mobilnya, dan akan selalu menemukan pembeli meskipun harga mobil bekas naik secara signifikan sejak awal tahun.

"Saya tidak pernah pulang ke rumah tanpa menjual mobil saya," katanya, seraya menambahkan bahwa ratusan mobil dijual setiap pekan di pasar itu.

"Selama pasar mobil baru tidak stabil, harga mobil bekas akan terus naik. Namun, masyarakat masih harus membeli mobil meskipun biayanya naik," ujarnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023