Buku-buku terbitan MHM banyak yang bertemakan toleransi, koeksistensi, hingga ancaman perubahan iklim
Jakarta (ANTARA) -
Majelis Hukama Muslimin (MHM) ikut memamerkan ratusan buku bertema toleransi, koeksistensi, hingga ancaman perubahan iklim pada pameran buku Islamic Book Fair (IBF) 2023 di Jakarta pada 20-24 September 2023.
 
"Buku-buku terbitan MHM banyak yang bertemakan toleransi, koeksistensi, hingga ancaman perubahan iklim," ujar Anggota Komite Eksekutif MHM, TGB M. Zainul Majdi, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.
 
TGB Zainul mengatakan bahwa Majelis Hukama telah membuat anjungan khusus (nomor 117, 118, 123, dan 124) dalam pameran buku keislaman tersebut.

Baca juga: Bea Cukai Hibahkan Puluhan Buku Eks Barang Kiriman Ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar
 
Menurut dia, kehadiran Majelis Hukama dalam Islamic Book Fair sebagai langkah untuk mempromosikan perdamaian, mengkonsolidasikan nilai-nilai dialog dan toleransi, serta membangun jembatan kerja sama antar manusia dari berbagai ras dan keyakinan.
 
Sejumlah buku terbitan MHM yang akan dipamerkan di antaranya buku "Al-Qawl al-Thayyib" karya Imam Besar Al Azhar Ahmed Al-Tayeb.
 
"Buku ini berisi pesan-pesan keagamaan, toleransi, koeksistensi, persaudaraan manusia," kata TGB.
 
Ada juga buku "Al-Imam wal Baaba wa al-Thariiq al-Shu'b: Syahaadah 'Ala Miiladi Watsiqah al-Ukhuwwah al-Islaamiyah" karya Kanselor Mohamed Abdel Salam, Sekretaris Jenderal MHM.
 
Buku itu menjelaskan perjalanan panjang proses penandatanganan Piagam Persaudaraan Kemanusiaan untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama.

Baca juga: Kisah Pasar Kwitang yang kini jadi tempat "thrifting" buku anak muda
 
Piagam yang menjadi dokumen bersejarah ini ditandatangani oleh Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus dan Imam Akbar Ahmed al-Tayyib di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, awal Februari 2019.
 
"Edisi terjemah bahasa indonesia untuk dua buku ini, baik Al-Qawl al-Thayyib maupun Al-Imam wal Baaba, akan segera terbit. Pada kesempatan IBF 2023 ini kami masih cetak secara terbatas," katanya.
 
Di samping itu, TGB Zainul mengatakan MHM juga akan menyelenggarakan serangkaian diskusi dan bedah buku karya Quraish Shihab berjudul "Islam dan Politik" pada 21 September 2023.
 
Buku ini menjelaskan sekian catatan penting praktik politik Nabi Muhammad Saw, antara lain bahwa tujuan politik Rasulullah bukanlah untuk meraih kekuasaan.
 
"Selain penulis, hadir sebagai pembedah Lukman Hakim Saifuddin (Menag 2014-2019) dan Prof Abdul Mu’ti selaku Sekum PP Muhammadiyah," kata TGB.

Baca juga: Memupuk budaya baca buku Generasi Z

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023