Itu tidak benar, buktinya banyak warga miskin di daerah ini yang anaknya belajar di sekolah favorit.
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Anak dari warga miskin dapat mengikut kegiatan belajar mengajar di sekolah favorit di wilayah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Itu tidak benar, buktinya banyak warga miskin di daerah ini yang anaknya belajar di sekolah favorit," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, di Pekanbaru, Selasa.

Sebagai contoh salah satu sekolah favorit di Kota Pekanbaru yakni SMA Negeri VIII, banyak warga miskin yang belajar dan tidak ada perbedaan, tambah Firdaus.

Pernyataan Firdaus tersebut terkait beredar informasi bahwa pada sekolah favorit di Kota Pekanbaru hanya diperuntukan bagi warga mampu yang orang tuanya memiliki keuangan lebih dan anak pejabat setempat.

Menurut dia, pihaknya telah menekankan kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Pekanbaru untuk menampung warga miskin yang ingin belajar pada sekolah favorit.

Ia mengatakan pihak Pemkot Pekanbaru memberikan perhatian lebih terhadap program pendidikan karena merupakan skala prioritas seperti diamanatkan Undang-Undang. Setiap anak berhak mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai termasuk pada sekolah favorit.

Masing-masing kepala sekolah yang dianggap favorit dilarang untuk menolak warga miskin karena hal itu merupakan hak setiap warga.

Meski pada sekolah favorit seorang siswa harus mengeluarkan uang relatif besar ketimbang sekolah biasa, tapi pihak pengelola tentu dapat melakukan subsidi silang terhadap masalah itu.


Pewarta: Adityawarman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013