Jakarta (ANTARA) – PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia kembali mencatatkan prestasi dalam ajang bergengsi TOP GRC (Governance, Risk and Compliance) Awards 2023 yang bertemakan "Building Resilient Future Through ESD & GRC". Dalam ajang tersebut, Digiserve berhasil mendapatkan dua penghargaan prestisius.

Dua penghargaan yang diraih Digiserve pada tahun ini adalah TOP GRC Awards 2023 #4 Stars atau Bintang Empat dengan penilaian Sangat Baik untuk perusahaan. Pencapaian lain juga didapatkan oleh Ahmad Hartono sebagai Presiden Direktur Digiserve by Telkom Indonesia yang meraih penghargaan The Most Committed GRC Leader 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Hartono, Presiden Direktur Digiserve mengungkapkan bahwa penghargaan TOP GRC yang berhasil diterima untuk kedua kalinya ini menunjukkan konsistensi seluruh jajaran dalam mengimplementasikan Governance, Risk and Compliance (GRC) di perusahaan. Menurutnya, penerapan GRC yang baik dapat memberikan dampak meningkatnya kinerja bisnis perusahaan secara berkelanjutan.

“Kami sangat bersyukur Digiserve sukses meraih dua penghargaan di ajang TOP GRC Awards 2023. Ini merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus menjadi sebuah indikator bahwa perusahaan tidak saja sudah berada di jalur yang tepat, tapi yang lebih penting adalah bagaimana semua pihak terlibat untuk terus meningkatkan aspek GRC yang diimplementasikan di perusahaan," ungkapnya.

Proses penilaian berlangsung sejak 25 April hingga 23 Agustus 2023 di mana terdapat tiga perspektif yang menjadi pertimbangan di ajang penghargaan tersebut, mulai dari penerapan sistem, infrastruktur dan implementasi Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko dan Manajemen Kepatuhan di perusahaan.

Digiserve, sejak diakuisisi kepemilikannya melalui TelkomMetra pada 2021 diketahui memang telah mengimplementasikan ketiga aspek tersebut demi memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Hal ini juga membantu penguatan bisnis agar kinerja perseroan mendapat hasil yang optimal.

Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), manajemen juga langsung mengubah budaya perusahaan dengan mengimplementasikan core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif). Sebagian nilai positif di budaya lama juga diadopsi untuk memperkuat budaya perusahaan, serta menerapkan Good Corporate Governance.

Hartono pun berharap apa yang telah didapatkan sekarang dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Sementara hal-hal yang masih menjadi kelemahan harus terus diperbaiki, sehingga ke depan implementasi aspek GRC di perusahaan dapat terus meningkat.

"Mudah-mudahan dengan implementasi aspek GRC yang semakin baik dan meningkat ke depan, perusahaan akan mendapatkan penghargaan yang lebih baik lagi. Kami menargetkan untuk bisa meraih platinum, tapi paling tidak kami bisa mendapatkan level bintang 5 dulu," tegas Hartono.

Muhammad Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2023 menjelaskan bahwa, pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bentuk pengakuan bagi seluruh perusahaan pemenang sekaligus wadah dalam memberikan saran demi peningkatan implementasi GRC ke depan.

"Kami ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan TOP GRC 2023, semoga keberhasilan ini makin menyemangati manajemen di internal perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja bisnis secara berkelanjutan," tuturnya.

Sementara itu, Antonius Alijoyo, Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2023 mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menyemangati seluruh jajaran manajemen dan karyawan di perusahan dalam meningkatkan implementasi GRC. Penghargaan TOP GRC Awards 2023 tidak hanya seremoni pemberian penghargaan, tapi di dalamnya banyak pembelajaran serta perbaikan GRC perusahaan. 

"Semoga melalui kegiatan ini akan semakin banyak perusahaan yang menerapkan governance principle atau prinsip tata kelola dalam upaya pencapaian kinerja manajemen melaksanakan tata kelola yang baik dan efektif untuk pertimbangan risiko yang ada dan menjalankan secara etis," pungkasnya.

Sebagai informasi, TOP GRC Awards telah berlangsung 5 tahun atau sejak 2019 lalu untuk penilaian dan pemberian penghargaan GRC tertinggi di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan berkinerja baik yang telah menerapkan GRC secara efektif dan terintegratif dalam pengelolaan bisnis. 

Untuk klasifikasi kategori penghargaan didasarkan pada pencapaian level Bintang (Stars), dari Bintang 1 (terendah) hingga Bintang 5 (tertinggi). Penghargaan ini diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness berkerjasama dengan Asosiasi GRC Indonesia, IRMAPA (Indonesia Risk Management Professional Association), ICoPI (Institute Compliance Professional Indonesia), dan PaGi (Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia), serta didukung oleh beberapa institusi lainnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023