Beijing (ANTARA) - Kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga angin dan surya di China melonjak dalam delapan bulan pertama tahun ini, demikian menurut data dari Administrasi Energi Nasional (NEA) China.

Kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga surya di negara tersebut hingga akhir Agustus meningkat 44,4 persen secara tahunan (yoy) menjadi 510 juta kilowatt, sementara kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga angin mencapai sekitar 400 juta kilowatt, mewakili peningkatan tahunan sebesar 14,8 persen, tunjuk data itu dikutip Xinhua Rabu.

Kapasitas terpasang pembangkit listrik di negara tersebut mencapai sekitar 2,76 miliar kilowatt pada akhir bulan lalu, meningkat 11,9 persen (yoy), jelas NEA.

China telah meningkatkan investasinya pada energi terbarukan selama beberapa tahun sebagai bagian dari upayanya mengejar pembangunan ramah lingkungan.

Pada delapan bulan pertama, sejumlah perusahaan listrik besar China menginvestasikan dana senilai 187,3 miliar yuan dalam proyek pembangkit listrik tenaga surya, melonjak 82,7 persen (yoy).

Menurut NEA, Investasi mereka dalam proyek pembangkit listrik tenaga nuklir dan angin mencapai 52,2 miliar yuan dan 114,9 miliar yuan, masing-masing melonjak sebesar 56,9 persen dan 38,7 persen dari tahun lalu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023