Jakarta (ANTARA) - Ajang internasional Laguna Phuket Triathlon ke-29 siap bergulir di Phuket, Thailand, pada 19 November.

Dikutip dari keterangan resmi, Kamis, diperkirakan sebanyak 1.200 atlet dan 2.000 pengunjung dari sekitar 30 negara akan berkumpul untuk ajang olahraga populer ini.

"Kami sangat senang mengumumkan kembalinya Laguna Phuket Triathlon. Acara tahun ini menawarkan pengalaman baru, di mana peserta akan melihat pemandangan indah dan alami di Laguna Phuket," kata Wakil Presiden dan Wakil Direktur Pelaksana Laguna Phuket Paul Wilson.

"Kami berharap dapat menyambut triathlet profesional dan amatir untuk acara luar biasa ini yang juga merupakan cara sempurna untuk memulai musim liburan di Phuket," ujarnya menambahkan.

Dipentaskan di Laguna Grove, triathlon terpanjang di Asia Tenggara ini mengajak para peserta untuk melalui berbagai tantangan, termasuk berenang 1,8 km di Laut Andaman dan laguna, dilanjutkan dengan balap sepeda sejauh 55 km melalui desa-desa di Phuket, dan berjalan 12 km melalui lahan lanskap Laguna Phuket.

Opsi sprint juga tersedia (terdiri dari berenang 0,5 km, naik sepeda 20 km, dan lari 6 km), dan duathlon (lari 4 km, perjalanan sepeda 5 km dan lari 12 km) untuk diikuti bersama keluarga dan teman-teman.

Seluruh acara akan dikelola secara ahli oleh tim profesional dan dihidupkan oleh komentator Whit Raymond.

Baca juga: Sejumlah Pengurus Provinsi mendorong dilakukannya Munas PP FTI

Lebih lanjut, Laguna Phuket Triathlon ke-29 didukung oleh berbagai pihak, di antaranya Provinsi Phuket, Otoritas Pariwisata Thailand (TAT), Otoritas Olahraga Thailand, dan Airway Thailand.

"Acara populer ini menegaskan kembali posisi Phuket sebagai tujuan olahraga utama di Asia, membanggakan standar internasional, infrastruktur modern, dan keindahan alam yang menakjubkan," katanya.

Selama bertahun-tahun, triathlon Laguna Phuket telah menarik triathlet top termasuk Michael Raelert, Massimo Cicana, Ruedi Wild, Emma Pallant-Brownee, Inge Prasetyo, dan Jaray Jaranai.

Pendaftaran untuk Laguna Phuket Triathlon dibuka hingga 13 November melalui laman resmi www.lagunaphukettri.com.

Baca juga: Jawa Barat menjadi juara umum triathlon babak kualifikasi PON XXI
Baca juga: Bupati: Wisata olahraga Bintan Triathlon digelar 21-22 Oktober 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023