Pasar menyambut baik penerbitan SRBI ini, seperti tercermin pada tingginya penawaran dibandingkan dengan target dalam dua kali lelang SRBI pada September 2023
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mengatakan penawaran pasar terhadap Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) mencapai 4,2 kali dari target lelang pada lelang perdana tanggal 15 September 2023.

"Pasar menyambut baik penerbitan SRBI ini, seperti tercermin pada tingginya penawaran dibandingkan dengan target (oversubcribed) dalam dua kali lelang SRBI pada September 2023," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI September 2023 di Kantor BI, Jakarta, Kamis.

Di lelang perdana pada 15 September 2023, terdapat penawaran sebesar Rp29,9 triliun atau 4,2 kali dari target lelang Rp7 triliun. Selanjutnya di lelang kedua pada 20 September 2023 dengan target Rp5 triliun terdapat penawaran yang masuk 3,12 kali lipat atau sebesar Rp15,6 triliun.

SRBI adalah surat berharga dalam mata uang rupiah yang diterbitkan oleh BI sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek dengan menggunakan underlying asset berupa surat berharga milik Bank Indonesia.

Bank Indonesia terus melakukan inovasi kebijakan moneter termasuk untuk memastikan inflasi terkendali dan nilai tukar rupiah tetap stabil.

Dalam kaitan ini, kebijakan suku bunga diperkuat dengan penerbitan instrumen moneter SRBI yang pro-market dalam rangka memperkuat upaya pendalaman pasar uang, mendukung upaya menarik portfolio inflows, serta untuk optimalisasi aset Surat Berharga Negara (SBN) yang dimiliki Bank Indonesia sebagai underlying.

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti menuturkan saat ini nilai transaksi lelang SRBI sudah mencapai Rp37-an triliun di mana transaksi di pasar sekunder (secondary market) mencapai Rp2,131 triliun.

"Appetite dari pelaku baik itu residen maupun nonresiden itu juga sudah membaik bahkan di secondary market kita juga sudah melihat nonbank juga sudah melakukan pembelian jadi ini juga akan menambah partisipan di pasar uang kita nantinya," ujarnya.

Baca juga: BI nilai pasar sambut positif lelang perdana SRBI
Baca juga: BI pastikan implementasi SRBI akan buat nilai tukar rupiah terjaga

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023