Jakarta (ANTARA) - Timnas U-24 Indonesia kalah dari Taiwan 0-1 pada laga kedua babak penyisihan Grup F Asian Games 2022 yang digelar di Stadion Universitas Zhejiang Hangzhou China, Kamis.

Pelatih Indra Sjafri membuat empat perubahan dari susunan pemain jika dibandingkan dengan pertandingan pertama melawan Kirgistan.

Perubahan terjadi pada penjaga gawang di mana Adi Satryo menggantikan Ernando Ari sebagai starter. Pada lini tengah, Muhammad Taufany yang sebelumnya menjadi starter digantikan oleh Ananda Raehan. Selain itu dua bek tengah juga diisi oleh Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho.

Timnas Indonesia cukup menguasai bola di babak pertama dengan mencoba membangun beberapa serangan yang memiliki peluang untuk terciptanya gol.

Baca juga: Indonesia pukul Kirgistan 2-0 pada laga pembukaan Grup F Asian Games

Beberapa tembakan sudah diciptakan oleh Timnas Indonesia sejak awal laga dari kaki Alfeandra Dewangga melalui tendangan bebas, Egy Maulana lewat tendangan spekulasi jarak jauh, Bagas Kaffa yang menusuk ke kotak penalti lawan di menit ke-22, dan tembakan luar kotak penalti dari Ananda Raehan.

Namun tak ada tendangan bola yang berubah jadi gol dari keempat percobaan tembakan itu, meskipun tiga di antaranya tepat mengarah ke gawang.

Sementara para pemain Taiwan hanya mengandalkan serangan balik yang sempat beberapa kali mengancam gawang Adi Satryo. Babak pertama tanpa gol dari kedua tim.

Pada permulaan babak kedua, pelatih Indra Sjafri mengganti tiga pemainnya sekaligus. Muhammad Taufany, Robi Darwis, dan Hugo Samir menggantikan Ananda Raehan, Bagas Kaffa, dan Titan Agung.

Namun Indonesia malah dikejutkan oleh gol dari Wen Yen Chin di menit 47. Serangan cepat yang dibangun oleh Taiwan membuat Indonesia tertinggal 0-1.

Meski tertinggal, Indonesia masih lebih dominan dibandingkan Taiwan dan beberapa kali mencoba membuat peluang. Namun berkali-kali percobaan membangun serangan yang dilakukan oleh Garuda Muda belum berbuah peluang yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Disiplinnya pertahanan pemain Taiwan membuat Timnas kesulitan untuk menciptakan peluang. Tembakan keras luar kotak penalti dari Egy Maulana di menit 90 masih mengarah ke kiper Taiwan.

Baca juga: Erick Thohir minta para pemain timnas U-24 pelihara tradisi kemenangan
Baca juga: Hugo Samir targetkan tembus tim inti Asian Games 2022


Indonesia sebenarnya mendapat keuntungan dengan dikeluarkannya pemain Taiwan Liang Meng Hsin yang mendapatkan kartu kuning kedua di menit kedua injury time. Namun sayangnya Indonesia tidak bisa memanfaatkan empat menit waktu tambahan tersisa untuk menyamakan kedudukan.

Dari dua laga yang telah dimainkan pada babak penyisihan Grup F Asian Games 2022 Hangzhou, Timnas Indonesia mengemas satu kemenangan dan satu kalah. Selanjutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Korea Utara pada Minggu (24/9).

Susunan pemain:
Indonesia: Muhammad Adi Satryo; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Mohammad Haykal Alhafiz; Ananda Raehan, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu; Ramai Rumakiek, Titan Agung, Egy Maulana Vikri.

Taiwan: Chi Yu Hang; Wang Yi You, Liang Meng Hsin, Fang Li Peng; Tu Shao Chieh, Wu Yen Su, Yu Yao Hsing, Wen Cih Hao, Chin Wen Yen; Lin We Chien, Chen Po Liang.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023